TSABITA, BERLIANTINA HASNA (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN KARANG TENGAH KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
BERLIANTINA HASNA TSABITA 18120212.pdf
Download (4MB)
Abstract
BERLIANTINA HASNA TSABITA. NPM 18120212. “Keefektifan Problem
Based Learning (PBL) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA
Kelas IV SDN Karang Tengah Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Penelitian ini dilatari belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, guru
belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang
mampu memahami materi yang diajarkan, serta kurangnya keaktifan siswa dan
daya ingat siswa pada saat pembelajaran menyebabkan rendahnya nilai belajar
siswa yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terutama pada materi
sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan pembelajaran
hanya berpusat pada guru. (2) Guru kurang menerapkan model pembelajaran yang
inovatif. (3) Sebagian anak tidak aktif atau terlibat dalam proses pembelajaran. (4)
Siswa masih kesulitan dalam memahami soal atau permasalahan yang diberikan
oleh guru. (5) Hasil belajar siswa pada Pelajaran IPA tema 1 subtema 2 berkaitan
dengan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran masih
cukup rendah di buktikan dengan nilai PTS dari 20 siswa terdapat 9 siswa (45%)
sudah mencapai KKM sedangkan 11 siswa (55%) belum mencapai KKM.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis metode eksprimen jenis
kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Quasy Experimental Design
bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah
seluruh sampel kelas IV SDN Karang Tengah Kendal tahun ajaran 2022/2023.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian diproleh nilai siswa mengalami kenaikan dengan nilai
rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 87,66 dan kelas kontrol 76,66.
Perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t diperoleh yaitu
2,529 sehingga = 2,529 > = 2,048 dan nilai sig. = 0,017 < 0,05 yang
artinya ditolak dan diterima maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar
antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Kelas eksperimen
memperoleh rata-rata sebesar 17,00 lebih besar dari rata-rata kelas kontrol sebesar
14,33. Artinya model Problem Based Learning berbantu media audio visual
efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Karang Tengah Kendal.
Saran yang ingin penulis sampaikan yaitu penggunaan media pembelajaran
menggunakan media audio visual perlu dikembangkan kembali pada saat
pembelajaran di kelas, diadakannya penelitian lebih mendalam mengenai berbagai
aspek sikap dan keterampilan dengan penggunaan media audio visual untuk
menyempurrnakan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:25 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3277 |