PURNAMA, BERLIANTHY OKTAF LYDIA (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODELTHINK PAIR SHARE MATERI BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH PLUS SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
BERLIANTHY OKTAF LYDIA PURNAMA 15120154.pdf
Download (3MB)
Abstract
BERLIANTHY OKTAF LYDIA PURNAMA. NPM 15120154. “Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Think Pair Share Materi
Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas II Sd Muhammadiyah Plus Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2022.
Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan dalam
memahami materi bilangan cacah yang dialami siswa kelas II SD Muhammadiyah
Plus Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Dibuktikan dengan persentase hasil
belajar siswa dari Nilai Penilaian Akhir Tahun di kelas I Tahun Ajaran 2021/2022
sebesar 25% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan
proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan model pembalajaran yang
bervariasi.
Solusi
dari
permasalahan
ini
adalah
peneliti
menawarkan
menggunakan model think pair share untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan dari
penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika
dengan model think pair share pada materi bilangan cacah pada siswa kelas II SD
Muhammadiyah Plus Semarang (2) Untuk meningkatkan hasil belajar pada materi
bilangan cacah pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Plus Semarang.
Pada penelitian ini menggunakan Classroom Action Research. Model
dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari
4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah Plus Semarang Tahun
Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9
siswa
perempuan.
Teknik
pengumpulan
data
menggunakan
observasi,
dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Proses
pembelajaran matematika dengan model think pair share pada materi bilangan
cacah pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Plus Semarang yaitu pada tahapan
think siswa diminta untuk mengerjakan soal secara individu, pair siswa diminta
untuk berpasangan dengan teman sebangku dan share siswa diminta untuk
berbagi jawaban dengan teman sebangku. (2) Penerapan model think pair share
dapat meningkatkan hasil belajar pada materi bilangan cacah pada siswa kelas II
di SD Muhammadiyah Plus Semarang, hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil
nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66 yang mencapai KKM 40% dan nilai rata-
rata pada siklus II sebesar 90 mencapai peningkatan KKM 100%. Dinyatakan
berhasil karena sudah tercapainya indikator keberhasilan yaitu adanya
peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar 33 dan uji N-gain
sebesar 0,41 dengan kategori sedang.
Saran pada penelitian ini adalah sebaiknya saat proses pembelajaran yang
dilakukan, guru menyampaikan secara runtut mengenai tahapan model think pair
share. Sehingga siswa tidak akan mengalami kesulitan saat proses pembelajaran
berlangsung. Serta siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga
hasil belajar siswa dapat meningkat dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:23 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3274 |