ANALISA KERJASAMA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SEKAR MELATI SEMARANG

HIDAYAH, FATHUL (2022) ANALISA KERJASAMA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SEKAR MELATI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRIS Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fathul Hidayah. NPM 16150064. “Analisa Kerjasama Dalam Permainan
Tradisional Bakiak Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Sekar Melati Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.Ratna
Wahyu Pusari, S.Pd., M.Pd dan Dr. Anita Chandra D.S, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak dijumpai siswa yang kesulitan
dalam kemampuan sosial khususnya dalam bekerjasama dan kesulitan anak
berinteraksi positif dalam kegiatan bermain dengan teman sebanyanya. Anak-anak
kurang antusias dalam melakukan permainan yang melibatkan aktifitas
kebersamaan seperti bergabung dan berbagi dengan teman dalam bermain.
Kemampuan kerjasama anak masih perlu bimbingan dari pendidik dan orang tua
agar berkembang secara optimal sebab sifat individual atau egosentris masih
mendominasi.
Fokus penelitian berdasarkan latar belakang di atas adalah bagaimana
kerjasama dalam permainan tradisional bakiak anak usia 4-5 tahun. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kerjasama dalam permainan
tradisional bakiak anak usia 4-5 tahun di PAUD Sekar Melati Semarang.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk meneliti
kerjasama dalam permainan tradisional bakiak anak usia 4-5 tahun. Data dalam
penelitian ini dimulai dari masuk sekolah hingga kepulangan anak yang mencakup
hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai kerjasama anak dalam
permainan tradisional bakiak. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama dalam permainan
tradisional anak usia 4-5 tahun di PAUD Sekar Melati terlihat anak dapat
melakukan kerjasama yang baik dengan teman sebanyanya. Hal ini juga dapat
dilihat dari hasil nilai perkembangan tiap masing-masing anak dalam beberapa
aspek perkembangan yang termasuk dalam kerjasama. Hasil penilaian tersebut
yaitu MB ( Mulai Berkembang ), BSH ( Berkembang Sesuai Harapan ), dan BSB
( Berkembang Sangat Baik). Ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan antara kerjasama anak melalui permainan tradisional bakiak.
Saran bagi guru dan sekolah diharapkan dapat menggunakan media dan
metode permainan yang edukatif serta menyenangkan untuk anak dan dapat
mengetahui berbagai jenis karakter anak sehingga dapat dengan mudah untuk
dikembangkan dan diterima anak-anak dalam mengembangkan kerjasama dalam
kelompok usia 4-5 tahun. Pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi sarana
dan prasarana yang menunjang dalam proses belajar mengajar. Agar
pengembangan yang akan dilakukan dapat sesuai dan mencapai tujuan yang
optimal.
Kata kunci: Kerjasama, Permainan Tradisional Bakiak, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:20
Last Modified: 21 Mar 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3258

Actions (login required)

View Item
View Item