PAMULA, IZHUL BINTANG (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI TUNGGAK 03 GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IZHUL BINTANG PAMULA 18120006 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
IZHUL BINTANG PAMULA, NPM 18120006. “Analisis Kemampuan
Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tunggak 03 Grobogan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat
membaca dan terdapat beberapa siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tunggak 03
yang memiliki kesulitan dalam membaca. Hal tersebut menyebabkan siswa
kesulitan dalam menyerap atau menerima materi pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Terdapat siswa kelas III yang
belum bisa membaca dengan lancar, (2) Terdapat siswa yang masih mengeja
dalam membaca dan belum mengetahui huruf, (3) Terdapat siswa yang diminta
membaca tetapi hanya diam saja bahkan sampai menangis. Permasalahan yang
terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca siswa kelas
III Sekolah Dasar Negeri Tunggak 03 Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berfokus pada suatu
fenomena yang diamati sesuai dengan subyek yang diteliti. Pada penelitian ini
peneliti akan mendeskripsikan apa yang telah diteliti yaitu mengungkap kriteria
kesulitan membaca yang terjadi dan Faktor pendukung dan penghambat
kemampuan membaca siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tunggak 03
Grobogan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III Sekolah Dasar
Negeri Tunggak 03 Grobogan berjumlah 27 anak, terdapat 2 siswa yang belum
mampu membaca dengan lancar dan 25 siswa lainnya sudah mampu membaca.
Untuk siswa yang belum mampu membaca dengan lancar ada beberapa huruf dan
suku kata yang belum dibaca dengan tepat, dan masih mengeja dalam membaca
kata maupun kalimat, jarang membaca, jarang diingatkan orang tua untuk
membaca, tidak memiliki koleksi buku di rumah, kurang percaya diri, malu dan
ragu untuk membaca didepan teman – temannya, tetapi tidak ada siswa yang
memiliki gangguan penglihatan, pendegaran ataupun alat ucap. Faktor pendukung
dan penghambat kemampuan membaca siswa antara lain faktor intelektual dan
lingkungan siswa, guru, dan orang tua siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
harus membiasakan siswa untuk gemar dan sering membaca supaya kemampuan
membaca siswa dapat meningkat serta dapat menambah wawasan dan
pengetahuan siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:23 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3257 |