DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN RUMUS LUAS SEGI EMPAT UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

PRESIANAWATI, VITA (2022) DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN RUMUS LUAS SEGI EMPAT UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of VITA PRESIANAWATI 17120409.pdf] Text
VITA PRESIANAWATI 17120409.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

VITA PRESIANAWATI.NPM 17120409. “Desain Didaktis Pembelajaran
Rumus Luas Segi Empat Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Sekolah
Dasar”.
SKRIPSI.
Program
Studi
Pendidikan
Guru
Sekolah
DasarFakultas Ilmu PendidikanUniversitas PGRI Semarang 2022. Dosen
Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II
Diana Endah Handayani, M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengatasi hambatan
belajar siswa dalam luas segi empat serta meningkatkan bepikir kritis siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah desain didaktis pembelajaran rumus
luas segi empat untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa sekolah
dasar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hambatan belajar siswa
ketika belajar rumus luas segi empat, mengetahui desain didaktis rumus luas segi
empat yang dapat memfasilitasi berpikir kritis dan mengetahui proses berpikir
kritis siswa ketika belajar rumus luas segi empat.
Penelitian ini menggunkan penelitian Desain Didaktis atau Didactical
Design Research (DDR) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini melalui
tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu desain didaktis
pembelajaran rumus luas segi empat dikemas menjadi video dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat memfasilitasi
kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini terbukti berdasarkan hasil tes
kemampuan berpikir kritis siswa pada kegiatan pretest yang berhasilhanya sebesar
7% dengannilai rata-rata sebesar 51 kemudian presentase siswa pada kegiatan
posttest yang berhasil meningkat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 83.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain didaktis pembelajaran rumus
luas segi empat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD
Supriyadi Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:17
Last Modified: 21 Mar 2024 07:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item
View Item