MURTI, TRI (2022) PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENERAPAN SIKAP RELIGIUS DI SD MUTU KANDANG PANJANG KOTA PEKALONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TRI MURTI 14120037.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
TRI MURTI. NPM 14120037. ‖Peran Guru Dalam Pelaksanaan Program
Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Penerapan Sikap Religius Di SD
Mutu Kandang Panjang Kota Pekalongan‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022
Problem kemerosotan moral akhir-akhir ini menjangkit sebagian generasi
muda. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik dan juga fasilitator di sekolah
memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan generasi muda yang
berkarakter dan berkualitas. Terlebih untuk menghadapi krisis moral, guru kelas
memiliki peran utama untuk memberikan bimbingan dan pemahaman secara
menyeluruh agar membuka wawasan peserta didik. SD Negeri Mutu Kandang
Panjang Kota Pekalongan sebagai pelaksana program penguatan pendidikan
karakter memiliki peran yang besar dalam menumbuhkan karakter peserta didik.
Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran guru dan
apa saja kendala yang dihadapi dalam upaya penguatan pendidikan karakter untuk
menumbuhkan sikap religius tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mendeskripsikan peran guru dalam
pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter siswa melalui penerapan
sikap religius di SD Mutu Kandang Panjang Kota Pekalongan, 2. Untuk
mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan
program penguatan pendidikan karakter di SD Mutu Kandang Panjang Kota
Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek
penelitian ini yaitu peran guru dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter
untuk penerapan sikap religius siswa SD Mutu Kandang Panjang Kota
Pekalongan. Penentuan informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik
purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. guru SD Mutu Kandang
Panjang Kota Pekalongan memiliki beberapa peran di antaranya, informator,
organisator, motivator, pengarah, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator,
evaluator. 2. Kendala yang dihadapi guru yaitu kurang sinkronnya kebiasaan
siswa di lingkungan sekolah dengan lingkungan rumah, dan kurang fokusnya
siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga mudah lupa dengan materi yang
telah diajarkan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:13 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3251 |