NURRAHMAN, BAGUS TAUFIK (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V TEMA 5 EKOSISTEM DI SD NEGERI 1 GETAS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
BAGUS TAUFIK NURRAHMAN18120280.pdf
Download (2MB)
Abstract
BAGUS TAUFIK NURRAHMAN. NPM 18120280 “Keefektifan Media
Pembelajaran Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Tema 5
Ekosistem Di SD Negeri 1 Getas” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen
Pembimbing I : Mei Fita Asri Untari S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Iin
Purnamasari, S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
tematik tema 2 subtema 1 pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Hal tersebut disebabkan
kurangnya penerapan model pembelajaran yang tidak monoton dalam proses
pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Proses belajar masih
didominasi oleh guru. (2) Media yang digunakan belum variasi dan sesuai dengan
materi. (3) Selain itu, siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga
mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keefektifan penggunaan media
pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 1
Getas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode
eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest
Posttest Design. populasi yang digunakan adalah seluruh sampel kelas II tahun ajaran
2022/2023. Teknik pengambilan data berdasarkan pengamatan dan hasil belajar
siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tanpa diberi perlakuan
dan hasil belajar dengan menggunakan media scrapbook mengalami perbedaan. Hal
tersebut dapat dibuktikan dari hasil ketuntasan belajar klasikal yaitu mencapai 80%
dengan kriteria baik dan peserta didik yang tuntas sebanyak 28 dengan nilai tertinggi
100. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan media
pembelajaran scrapbook dapat dilihat dari nilai posttest yaitu mencapai mencapai
80% atau sudah lebih dari ketentuan presentase, dengan jumlah peserta didik yang
tuntas 28 dan sebanyak 7 peserta didik yang tidak tuntas. Hasil data nilai pretest
kognitif dan posttest kognitif mengalami perbedaan, pada uji pretest kognitif
sebanyak 15 peserta didik yang tuntas dengan nilai tertinggi 90 dan sebanyak 20
peserta didik yang tidak tuntas dengan nilai terendah 20, presentase ketuntasan
belajar klasikal pretest mencapai 43%. Sedangkan nilai posttest kognitif dengan
menggunakan media pembelajaran scrapbook telah mencapai KKM 65 sebanyak 28
peserta didik yang tuntas dengan nilai tertinggi 100 dan 7 peserta didik tidak tuntas
dengan nilai terendah 50, presentase ketuntasan belajar klasikal posttest mencapai
80%. Dapat disimpulkan bahwa terbukti keefektifan media pembelajaran scrapbook
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V tema Ekosistem di SD Negeri 1
Getas dikatakan mencapai kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3247 |