PURNASARI, TANDA DEWI (2022) ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM FILM DI TIMUR MATAHARI KARYA ARI SIHASALE UNTUK SISWA SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TANDA DEWI PURNASARI 18120072.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
TANDA DEWI PURNASARI. NPM 18120072. “Analisis Nilai Karakter dalam
Film “Di Timur Matahari” Karya Ari Sihasale untuk Siswa SD”. Skripsi.
Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. Riris Setyo Sundari, M.Pd.
Pembimbing II: Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. 2022.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Di Timur Matahari, Ari Sihasale, Siswa SD
Seiring berkembangnya zaman, siswa di Indonesia kini mengalami
penurunan yang signifikan mengenai karakter dalam diri sendiri maupun dalam
masyarakat. Berdasarkan hal tersebut solusi yang dapat diterapkan yaitu
penggunaan media film yang dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk
meningkatkan motivasi generasi muda atau bahkan meningkatkan semangat
kepada guru agar dapat mengajarkan betapa pentingnya nilai karakter untuk
ditanamkan kepada anak-anak sejak kecil. Salah satu film yang dapat dijadikan
referensi adalah Film “Di Timur Matahari” Karya Ari Sihasale.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research).
Metode dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, dokumentasi, dan simak catat.
Teknik analisis yang digunakan adalah metode pengamatan simak catat dengan
kartu data yang berisikan 18 karakter. Tahapan teknik analisis data adalah reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Subjek penelitian
ini adalah sebuah Film “Di Timur Matahari”karya Ari Sihasale.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan dosen dapat disimpulkan
bahwa Film bergendre edukasi dapat digunakan untuk menanamkan nilai karakter
pada anak sekolah dasar karena film adalah media audio visual yang tentu
digemari anak. Film “Di Timur Matahari” sesuai dan baik ditonton bagi anak
sekolah dasar, karena dalam film tersebut terdapat pendidikan karakter. Film “Di
Timur Matahari” layak untuk digunakan sebagai sarana penanaman pendidikan
karakter peduli sosial bagi anak-anak, karena anak bisa saling menghargai satu
sama lain, bahwa tolong-menolong adalah hal yang wajib dilakukan karena setiap
pribadi tidak sempurna dan membutuhkan pertolongan orang lain.
Dalam analisis nilai karakter di Film “Di Timur Matahari” ditemukan 18
karakter yaitu religius (waktu 22.57), jujur (waktu 01.31.46), toleransi (waktu
01.09.27), disiplin (waktu 01.40 dan 12.55), kerja keras (waktu 01.24), kreatif
(waktu 12.30), mandiri (waktu 41.00), demokratis (waktu 07.56), rasa ingin tahu
(waktu 01.31.40), semangat kebangsaan (waktu 01.40.43), cinta tanah air (waktu
01.55
dan
01.46.40),
menghargai
prestasi
(waktu
01.45.43),
bersahabat/komunikatif (waktu 01.24), cinta damai (waktu 54.15), gemar
membaca (waktu 01.15.28 dan 01.45.14), peduli lingkungan (waktu 01.13.49),
peduli sosial (waktu 18.15, 27.11, dan 01.30.40), dan tanggung jawab (waktu
10.27). sehingga film ini sangat tepat untuk digunakan sebagai bahan tontonan
anak yang mendidik terkhusus untuk siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:04 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3240 |