ASTUTI, WIJI (2022) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI KELOMPOK B TK KELIPUR NGUDI ILMU KALINANAS TAHUN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WIJI ASTUTI 20156062.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Wiji
Astuti,
“Penggunaan
Media
Puzzle
Untuk
Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Kelompok B TK Kelipur Ngudi Ilmu
Kalinanas Tahun 2021/2022”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd dan
Dosen Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H, S.Pd., M.Pd, Agustus 2022.
Berdasarkan pengamatan awal masuk sekolah sampai pertengahan
semester tahun pelajaran 2021/2022 menunjukkan bahwa pengetahuan tentang
bentuk geometri sederhana peserta didik kelompok B dengan jumlah keseluruhan
yaitu 10 anak masih kurang. Kondisi ini ditandai dengan 4 anak sudah mampu
mengenal bentuk geometri, namun 6 anak yang lainya masih belum mampu
menyebutkan nama bentuk geometri sesuai dengan bentuknya. belum mampu
membedakan bentuk-bentuk geometri dalam mengerjakan tugas, belum mampu
mengelompokkan benda sesuai bentuknya.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis
merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana penggunaan media puzzle
untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok B TK
Kelipur Ngudi Ilmu Kalinanas tahun 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah
penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal
bentuk geometri pada peserta didik kelompok B di TK Kelipur Ngudi Ilmu
Kalinanas Kecamatan Wonosamodro Kabupaten Boyolali.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas
rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus secara berulang
yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah anak kelompok B TK Kelipur Ngudi Ilmu Kalinanas, yang terdiri 7 anak
laki-laki dan 3 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan teknik analisis
deskriptif yang bersifat kuantitatif.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali siklus. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri
dengan penggunaan media puzzle, Peningkatan tersebut yaitu pada siklus 1
mencapai 40%, Pada siklus 2 pencapaian anak sebesar 80% dengan peningkatan
mencapai 40%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media puzzle
dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok B TK
Kelipur Ngudi Ilmu Kalinanas Wonosamodro Boyolali
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa
saran, bagi guru dalam penyampaian pembelajaran hendaknya guru lebih aktif,
kreatif dan menarik terhadap anak, bagi sekolah sebaiknya sekolah menyediakan
sarana prasarana, bagi orang tua hendaknya dapat mempelajari karakteristik anak,
bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:00 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3236 |