TINDAK TUTUR DALAM KANAL YOUTUBE MISTERI SARA WIJAYANTO

IMAYANTI, FANELLA (2022) TINDAK TUTUR DALAM KANAL YOUTUBE MISTERI SARA WIJAYANTO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FANELLA IMAYANTI 18410006.pdf] Text
FANELLA IMAYANTI 18410006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur dalam kanal YouTube
misteri Sara Wijayanto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dan metode penelitian dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode simak dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan metode padan dengan alat penentunya yakni tuturan Sara
Wijayanto dan seluruh narasumber. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan
bahwa telah ditemukan adanya tindak tutur lokusi yang memiliki maksud menyatakan
sesuatu. Selain itu, ditemukan lima jenis tindak tutur ilokusi yang meliputi tindak tutur
ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklarasi. Pada kanal YouTube Sara
Wijayanto juga mengandung tindak tutur perlokusi yang mampu memengaruhi setiap
penonton yang melihat videonya. Telah ditemukan adanya empat verba tindak tutur
perlokusi dalam kanal YouTube Sara Wijayanto yaitu verba menganjurkan, menakut�nakuti, mengajak, dan meyakinkan. Implikasi penelitian dalam Kanal YouTube
misteri Sara Wijayanto yaitu tuturan Sara maupun seluruh narasumber memiliki
keunggulan di bagian tuturannya yang mengandung fakta dan dapat meyakinkan
penonton sehingga kanal YouTube Sara Wijayanto diharapkan dapat dijadikan
sebagai referensi bagi YouTuber pemula yang ingin berkarya di industri YouTube
khususnya mengenai konten misteri.
Kata kunci: misteri, pragmatik, sara wijayanto, tindak tutur, youtube

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:00
Last Modified: 21 Mar 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item
View Item