PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POLA LANTAI PADA MUATAN PEMBELAJARAN SBDP TEMA 9 KELAS V SEKOLAH DASAR

ULYANA, ULYANA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POLA LANTAI PADA MUATAN PEMBELAJARAN SBDP TEMA 9 KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ULYANA 17120306.pdf] Text
ULYANA 17120306.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ULYANA. NPM 17120305. “Pengembangan Bahan Ajar Pola Lantai pada
Muatan Pembelajaran SBdP Tema 9 Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Drs. Suyitno, M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
pemahaman peserta didik terhadap materi pola lantai pada muatan pembelajaran
SBdP, peserta didik merasa bosan sehingga tujuan pembelajaran belum
sepenuhnya tercapai. Hal ini disebabkan kurang adanya bahan ajar yang
mendukung dalam materi pola lantai. Oleh karena itu guru dan peserta didik
membutuhkan adanya bahan ajar yang menarik dan menyenangkan salah satunya
dengan mengembangkan bahan ajar pola lantai pada muatan pembelajaran SBdP
Tema 9 Kelas V Sekolah Dasar. Bahan ajar terdiri dari bahan ajar teori (modul
pembelajarn) dan bahan ajar praktik (video pembelajaran).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan
bahan ajar pla lantai pada muatan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya tema 9
subtema 2 kelas V di Sekolah Dasar? 2) Bagaimana respon guru terhadap
penggunaan bahan ajar pola lantai pada muatan pembelajaran Seni Budaya dan
Prakarya tema 9 subtema 2 kelas V Sekolah Dasar? 3) Bagaimana respon peserta
didik terhadap penggunaan bahan ajar pola lantai pada muatan pembelajaran Seni
Budaya dan Prakarya tema 9 subtema 2 kelas V Sekolah Dasar?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and
Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji
kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar pola lantai pada
muatan pembelajaran SBdP tema 9 subtema 2 kelas V Sekolah Dasar hanya
sampai tahap uji coba lapangan awal. Penelitian dan pengembangan ini
dilaksanakan di SD Negeri 1 Tawangharjo dan SD Negeri 4 Sumberagung.
Hasil dari ketiga ahli materi menunjukkan presentase rata-rata sebesar
92,6% dan hasil penilaian dari ketiga ahli media menunjukkan presentase rata-rata
sebesar 92,0%. Hasil tanggapan kedua guru kelas V pada materi memperoleh
hasil dengan rata-rata sebesar 91,0% dan tanggapan media memperoleh presentase
rata-rata sebesar 90,9%. Angket tanggapan peserta didik dari dua sekolah
memperoleh presentase rata-rata sebesar 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar yang dikembangkan masuk dalam kriteria “sangat baik” dan “layak
digunakan” dalam pembelajaran SBdP tema 9 benda-benda di sekitar kita subtema
2 benda dalam kegiatan ekonomi.
Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar pola lantai pada muatan
pembelajaran SBdP tema 9 subtema 2 kelas V sekolah dasar dapat digunakan
untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:57
Last Modified: 21 Mar 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item
View Item