PURWITOSARI, SUSI (2022) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK MNU DIPONEGORO KARANGTENGAH CILONGOK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SUSI PURWITOSARI 19156160.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (797kB)
Abstract
Susi Purwitosari NPM 19156160. “Upaya Meningkatkan Perkembangan
Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Kertas Pada Anak
Kelompok B TK MNU Diponegoro Karangtengah Cilongok”.
Penulis dalam penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya kemampuan anak
dalam perkembangan fisik motorik halus. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan
Menganyam Dengan Kertas Pada Anak Kelompok B TK MNU Diponegoro
Karangtengah Cilongok.
Penulis dalam penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek dalam penelitian yaitu anak-anak kelompok B yang berjumlah 16
orang anak. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis dan menggunakan deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode menganyam dengan
kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Pada saat dilakukan
observasi prasiklus, persentase kemampuan motorik halus anak sebesar 0%. Pada
Siklus I sebesar 50%, dan pada Siklus II sebesar 87,5%. Peningkatan
kemampuan motorik halus ini meliputi anak sudah mampu menggunakan gunting
dengan baik, dapat mengayam dengan baik dan dapat menggunakan fungsi jari
dengan baik. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa
kemampuan fisik otorik halus anak pada kelompok B dengan kriteria baik telah
mencapai indikator keberhasilan sebesar 87,5%. Langkah-langkah dalam
kegiatan menyanyam yaitu anak yaitu 1) guru menyiapkan alat dan bahan seperti
gunting, kertas dan lem, 2) guru menjelaskan dan memberi contoh akan
bagaimana menggunakan gunting dengan baik, cara menggunting ketas yang
akan di gunakan dalam menganyam, 3) anak-anak dikondisikan duduk melingkar
di karpet lalu membagi dalam kelompok, 1 kelompok terdiri 5-6 anak, 4) guru
memberikan penguatan dan motivasi berupa nasehat pada anak, 5) setelah
selesai bermain anak yang berkembang sesuai harapan diberi penghargaan
berupa gambar bintang.
Kata kunci : Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:55 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3227 |