HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 29 SEMARANG

FAHREZA, BAGAS ADI (2022) HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 29 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BAGAS ADI FAHREZA 15110068.pdf] Text
BAGAS ADI FAHREZA 15110068.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bagas Adi Fahreza. NPM 15110068. “Hubungan Persepsi Dukungan Keluarga
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Selama Masa Pandemi Covid-19 Di
SMP Negeri 29 Semarang” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2022. Dosen Pembimbing I:
Suhendri, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II: Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Penelitian hubungan Persepsi dukungan keluarga terhadap motivasi belajar
siswa kelas VIII selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 29 Semarang ini di
latar belakangi banyaknya siswa yang mengalami masalah rendahnya dukungan
keluarga dan motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
metode korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri
29 Semarang dengan jumlah 221 siswa. Kelas VIII H adalah kelas yang dipergunakan
untuk try out. Sampel dalam penelitian ini yaitu 56 siswa kelas VIII SMP Negeri 29
Semarang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Alat yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah skala dukunga keluarga dan motivasi
belajar.
Hasil analisis korelasi antara dukungan keluarga terhadap motivasi belajar
memperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar) 0,449 apabila dicocokan dengan tabel
interpretasi menunjukan tingkat hubungan yang cukup. Besar sumbangan variabel
dukungan keluarga memberikan kontribusi yang cukup terhadap motivasi belajar
sebesar 20% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain. Hasil uji signifikan
Berdasarkan perhitungan ɑ = 0,05 dan n = 56. Uji dua pihak: dk = n-2 = 56 – 2 = 54.
Sehinggan ttabel = 1,671 Ternyata thitung ≥ ttabel atau 32,274 ≥ 1,671 maka artinya
terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk guru bimbingan dan konseling
hendaknya dapat meningkatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode yang
ada didalam bimbingan dan konseling untuk membantu dalam dukungan keluarga
dan motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Persepsi Dukungan keluarga, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:55
Last Modified: 21 Mar 2024 06:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item
View Item