PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN BANGUNHARJO

SARI, TRI HESTI PUSPITA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN BANGUNHARJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TRI HESTI PUSPITA SARI 18120159.pdf] Text
TRI HESTI PUSPITA SARI 18120159.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

TRI HESTI PUSPITA SARI. NPM 18120159. ”Pengembangan Media
Pembelajaran Animasi Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi
Bangun Datar Kelas IV SDN Bangunharjo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa
yang masih kurang paham dengan materi bangun datar jika hanya diajarkan satu
kali saja. Belum optimalnya penggunaan pendekatan saintifik dalam kegiatan
pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Serta guru yang masih
kurang mengoptimalkan pemanfaatan dalam menerapkan media pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan
media pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik pada materi
bangun datar kelas IV SDN Bangunharjo? (2) Bagaimana kelayakan animasi
powtoon berbasis pendekatan saintifik pada materi bangun datar sebagai media
pembelajaran kelas IV SDN bangunharjo? (3) Bagaimana kepraktisan animasi
powtoon berbasis pendekatan saintifik pada materi bangun datar sebagai media
pembelajaran kelas IV SDN Bangunharjo. Tujuan yang hendak dicapai pada
penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang layak dan praktis
serta berorientasi pada Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon
Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN
Bangunharjo.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian dan
pengembangan (Research and Development) yang melalui 5 tahap yaitu
Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bangunharjo Semarang tahun
pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 26 siswa dengan
menggunakan teknik sampling Non Probability. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil (1) Dihasilkan
produk pengembangan media pembelajaran animasi powtoon berbasis
pendekatan saintifik pada materi bangun datar kelas IV SDN Bangunharjo. (2)
Pengembangan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dikatakan
layak, hal ini didasarkan perolehan nilai persentase ahli materi sebesar 97%, ahli
media sebesar 94% dan ahli bahasa mendapat persentase 100% dengan kategori
“Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa media
pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik layak untuk
digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas IV Sekolah Dasar. (3) Hasil
persentase respon guru terhadap media pembelajaran sebesar 94%, dan hasil
persentase siswa sebesar 95,76%. Berdasarkan hasil persentase, dapat diketahui
bahwa media pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik
materi bangun datar praktis untuk digunakan siswa kelas IV Sekolah Dasar
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
media pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik dapat
digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:52
Last Modified: 21 Mar 2024 06:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item
View Item