AKHMAD, FAJRUL JA’FAR (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KONSEP MANAJEMEN KELAS X MA NEGERI 2 CILACAP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FAJRUL JA'FAR AKHMAD 16220071.pdf
Download (1MB)
Abstract
FAJRUL JA’FAR AKHMAD. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Konsep Manajemen Kelas X MA
Negeri 2 Cilacap”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap penguasaan konsep siswa pada materi
konsep manajemen kelas X MA Negeri 2 Cilacap. Metode penelitian kuantitatif, data
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen, kemudian dianalisis dengan statistik secara
kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS MA Negeri 2 Cilacap
sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu
kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diambil
dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data berupa tes penguasaan konsep
yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar selesai. Instrumen yang
digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Teknik
analisis data menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap penguasaan konsep siswa pada materi
konsep manajemen kelas X MA Negeri 2 Cilacap.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:44 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3211 |