ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SD N KEBUMEN 02

ROZIANITA, AZIZAH (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SD N KEBUMEN 02. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AZIZAH ROZIANITA 18120213.pdf] Text
AZIZAH ROZIANITA 18120213.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azizah Rozianita. NPM 18120213. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan
Soal Cerita Volume Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V SD N Kebumen 02”.
Skripsi. Program Stuadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang.Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang menderong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal serita volume kubus, dan balok,
dilihat dari hasil belajar yang telah diperoleh siswa kelas V SD N Kebumen 02
pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan
siswa dalam menyelesaikan masalah matematika soal cerita. Hal tersebut ditandai
dengan banyaknya siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan dokumnetasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan terdapat empat jenis
kesalahan siswa kelas V SD N 02 Kebumen dalam penyelesaian soal cerita
matematika antara lain yaitu, 1. Pada tahapan memahami soal mayoritas siswa
mengalami kesalahan dikarenakan siswa belum mengetahui maksud soal tersebut.
2. Pada tahapan perencanaan mayoritas siswa belum bisa dalam menuliskan
rencananya dikarenakan kurangnya pemahaman dan ketelitian serta konsentrasi.
3. Pada tahapan pelaksanaan rencana mayoritas siswa tidak mampu melakukannya
karena tahapan sebelumnya belum dilakukan secara sempurna. 4. Pada tahapan
memeriksa kembali siswa mayoritas melakukan kesalahan karena tidak teliti dan
tergesa-gesa.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
guru lebih mengetahui kemampuan pemecahan masalah setiap siswanya, sehingga
dapat memberikan perhatian yang lebih terhadap siswa yang memilik tingkat
pemecahan masalah yang rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:43
Last Modified: 21 Mar 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item
View Item