UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A DI POS PAUD SEKAR HUSADA CANDISARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022

SUTARNI, SUTARNI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A DI POS PAUD SEKAR HUSADA CANDISARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SUTARNI 19156016.pdf] Text
SUTARNI 19156016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sutarni, NPM 19156016. “Upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak
melalui bermain peran di kelompok A Pos Paud Sekar Husada Candisari kecamatan
Mranggen kab Demak tahun pelajaran 2021/2022” Skripsi program study
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI samarang. Dosen Pembimbing I Bunda Dr. Muniroh Munawar, S.Pi,.M.Pd.
Dosen Pembimbing II Bunda Dwi Prasetiyawati DH, M.Pd. Latar belakang yang
mendorong penelitian ini adalah, masih banyak anak yang belum berani berbicara
ke depan. Hal ini disebabkan masih kurangnya cara pembelajaran dan media ajar
yang menarik dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. Masalah dalam
penelitian ini, bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui
bermain peran di kelompok A Pos Paud Sekar Husada Candisari Kecamatan
Mranggen Kabupaten Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas kolaboratif, dengan
model penelitian Kurt Lewin. Subyek penelitian berjumlah 12 anak, yang terdiri
dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus. Pengumpulan data menggunakan tehnik cheklist ( observasi ). Teknik
analisis data menggunakan Teknik deskritif dan kuantitatif. Peningkatan
kemampuan berbicara anak dikatakan berhasil apabila, presentase kemampuan
anak dalam berbicara mencapai 75%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa
bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok A
di Pos Paud Sekar Husada Candisari. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan
kemampuan berbicara anak dari Tindakan Pra Tindakan sebesar 33%, Pada siklus
I meningkat sebesar 42 %, dan pada Siklus II meningkat 75 %.
Kesimpulannya bahwa, media bermain peran dapat meningkatkan
kemampuan berbicara anak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat
disampaikan adalah, guru diharapkan dapat menggunakan media lebih beragam
dalam kegiatan pembelajaran Bahasa yang dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:43
Last Modified: 21 Mar 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item
View Item