NINGRUM, SUWITA (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI NGASINAN KABUPATEN REMBANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SUWITA NINGRUM 18120179.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
SUWITA NINGRUM. NPM 18120179. "Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua
Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SD Negeri Ngasinan
Kabupaten Rembang pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd. dan Veryliana Purnamasari, S.Pd.,
M.Pd. 2022. Pendidikan harus mampu mendukung kemampuan siswa untuk belajar
matematika. Namun, banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sulit
dan membosankan, tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi orang tua. Hal ini juga
dialami oleh orang tua di Sekolah Dasar Negeri Ngasinan. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah adakah pengaruh bimbingan belajar orang tua pada masa
pandemi covid-19 terhadap prestasi matematika siswa kelas VI SD Negeri
Ngasinan dan seberapa besar kontribusi pengaruh bimbingan belajar pada masa
pandemi covid-19 terhadap prestasi matematika siswa kelas VI SD Negeri
Ngasinan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi
experimental tipe one group Pretest-Posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal).
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Ngasinan Rembang
tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah 23 siswa kelas dengan
menggunkan teknik non-probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui angket, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis Hasil analisis data hasil belajar
Pretest siswa menunjukkan bahwa memperoleh rata-rata 65,7. Sedangkan hasil
Posttest memperoleh rata-rata 88,5, selanjutnya dilakukan dengan uji gain
ternormalisasi. Sehingga diperoleh gain 0,657. Dengan hasil analisis uji-t diperoleh
thitung > ttabel yaitu 12.060 > 1.717 dengan nilai signifikansi (2-tailed) p 0.000 < 0.05
H0 pada penelitian ini ditolak dan Ha diterima dimana terdapat perbedaan yang
mencolok antara kedua test. Artinya kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil
belajar dengan kategori sedang karena 0,3 ≤ g ≤ 0,7. Besarnya kontribusi bimbingan
belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI dengan
presentase 75% yang terdiri dari pemberian bimbingan, motivasi belajar, respon
positif terhadap tugas sekolah, mengatur jam belajar, penyediaan fasilitas yang
memadahi, dan membimbing dalam kesulitan belajar dari orang tua mereka.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Hendaknya orang tua selalu mendampingi anak dalam belajar terlebih pada anak
kelas VI SD sangat dibutuhkan pendampingan orangtua dan hendaknya tidak
memaksakan anak dalam belajar, lebih baik jika memberikan variasi dalam belajar.
Kata Kunci: Bimbingan belajar orang tua; prestasi belajar; matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:39 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3203 |