UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI MEDIA FLASHCARDS SAMBIL BERNYANYI PADA TK B DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG

SUSANAH, SUSANAH (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI MEDIA FLASHCARDS SAMBIL BERNYANYI PADA TK B DI KB-TK SITI SULAECHAH 04 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SUSANAH 18156143.pdf] Text
SUSANAH 18156143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Susanah. NPM 18156143. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata
Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flashcards Sambil Bernyanyi Pada TK
B di KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang. Pembimbing I: Muniroh
Munawar, S.Pi., M.Pd dan Pembimbing II: Dwi Prasetiyawati, DH, S.Pd.,
M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi permasalahan masih
rendahnya kemampuan kosakata Bahasa Ingris anak di KB-TK Siti Sulaechah 04
Semarang yang disebabkan oleh penerapan media pembelajaran Bahasa Inggris
yang monoton. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan
kemampuan kosakata Bahasa Ingris anak dengan menerapkan media flashcards
sambil bernyanyi. Subjek penelitian ini adalah 11 peserta didik TK B di KB-TK
Siti Sulaechah 04 Semarang. Adapun untuk pengumpulan data menggunakan
metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk analisis datanya
menggunakan metode deskripsi kuantitatif dengan rumus prosentase
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kondisi awal tingkat kemampuan
kosakata bahasa Inggris 11 anak pada TK B di KB-TK Siti Sulaechah 04
Semarang sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 0 anak kategori baik
(0%), 0 anak kategori cukup (0%), 11 anak kategori kurang (100%). Pada siklus I
menunjukkan tingkat kemampuan kosakata bahasa Inggris 11 anak pada TK B di
KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang adalah 8 anak kategori baik (72,72%), 3
anak kategori cukup (27,28%), 0 anak kategori kurang (0%). Pada siklus II
menunjukkan tingkat kemampuan kosakata bahasa Inggris 11 anak pada TK B di
KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang adalah 11 anak kategori baik (100%), 0 anak
kategori cukup (0%), 0 anak kategori kurang (0%). Berdasarkana hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yang menyatakan
melalui media flashcards sambil bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan
kosakata bahasa Inggris anak pada TK B di KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang
terbukti kebenarannya.
Kata kunci: Media Flashcards, Metode Bernyanyi, Kosakata Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:33
Last Modified: 21 Mar 2024 06:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item
View Item