AMBARWATI, AYU TRI (2022) PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI SIDOMULYO 2 DEMAK SEMESTER GANJIL TAHUN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ayu Tri Ambarwati 17120005.pdf
Download (6MB)
Abstract
AYU TRI AMBARWATI. NPM 17120005. “Program Gerakan Literasi Sekolah
di SD Negeri Sidomulyo 2 Demak Semester Ganjil 2021/2022”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanaan
Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Sidomulyo 2 Demak sudah berjalan
dengan baik, tetapi belum terlaksana dengan maksimal. Seperti kurangnya
antusias siswa menggunakan pojok baca dan berkunjung ke perpustakaan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan
program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Sidomulyo 2 Demak. (2)
buku apa saja yang mendukung pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3)
dampak dari pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri
Sidomulyo 2 Demak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Sidomulyo 2 Demak.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data sesuai dengan fakta dilapangan. Data yang diperoleh dianalisis
dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data
menggunakan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi,
subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan kelas IV di SD Negeri
Sidomulyo 2 Demak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Gerakan Literasi Sekolah di SD
Negeri Sidomulyo 2 Demak sudah berjalan dengan baik diketahui dari
pengamatan observasi yang dilakukan di kelas I sampai dengan kelas VI dan
penyebaran angket di kelas III dan kelas IV. Gerakan Literasi Sekolah di SD
Negeri Sidomulyo 2 Demak sudah melakukan pembiasaan baik rata-rata skor
80,00%, untuk sarana dan prasarana sudah digunakan dengan sangat baik dengan
skor 85,00% untuk penyediaan dan keikut sertaaan peserta didik dalam kegiatan
pembiasaan membaca sudah sangat baik dengan skor 85,10%. Dalam kegiatan
pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran pada saat ini sedang dalam
tahap pembiasaan. Guru masih ikut andil dalam kegiatan pelaksanaan Gerakan
Literasi Sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah
keberhasilan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dapat melalui kegiatan membaca
serta sarana dan prasarana sehingga dapat menumbuhkan minat pesera didik
dalam proses kegiatan pembiasaan 15 menit membaca sebelum pembelajaran.
Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:25 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3180 |