LISNAWATI, LISNAWATI (2022) ANALISIS PRAKTEK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI DIMASA PANDEMI PADA KELAS RENDAH SD NEGERI 03 KALIRANDU PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ayu Lisnawati 16120321.pdf
Download (3MB)
Abstract
AYU LISNAWATI. NPM 16120321. “Analisis Praktek Pelaksanaan
Pembelajaran Seni Dimasa Pandemi Pada Kelas Rendah SD Negeri 03 Kalirandu
Pemalang”. SKRIPSI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Rofian, S.Pd., M.Pd.
M.Hum. SinggihAdhi Prasetyo,S.Sn.,M.Pd.
Latar belakang pada penelitian ini adalah analisis praktek dalam
pelaksanaan pembelajaran seni dimasa pandemi. Hal itu dikarenakan keterbatasan
guru dalam mengajarkan ketrampilan seni di sd khususnya dimasa pandemi..
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana praktek pelaksanaan
pembelajaran seni pada kelas rendah yang dilakukan guru dimasa pandemi di SD
Negeri 03 Kalirandu Pemalang.
Pendekatan penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Pada Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif sesuai pokok bahasan yang dikaji yaitu
tentang praktek pelaksanaan pembelajaran seni dimasa pandemi pada kelas rendah
SD Negeri 03 Kalirandu Pemalang. Simpulan dari penelitian ini adalah Selama
masa pandemi virus corona, kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 03 Kalirandu
Pemalang memberlakukan sistem pembelajaran secara daring atau pembelajaran
tidak tatap muka, yaitu pembelajaran dilakukan oleh peserta didik dari rumah
masing-masing secara online.
Pada saat melaksanakan pembelajaran daring tersebut guru dan peserta
didik mengalami beberapa kendala dalam pembelajaran seni , diantaranya dari sisi
siswa ada sebagian yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone android,
keterbatasan sinyal, dan ada orang tua peserta didik yang kesulitan dalam
membimbing anaknya dikarenakan bekerja shift. Adapun kendala dari sisi guru
yaitu, beberapa guru dalam pembelajaran seni belum bisa menggunakan aplikasi
lainnya seperti zoom sehingga hanya memakai group whatsapp, dan keterbatasan
paket data internet.
Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada selama
pelaksanaan pembelajaran daring yaitu diantaranya degan menyediakan tugas
offline, guru rutin melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik untuk
mengontrol peserta didik, dan pemberian fasilitas paket data internet kepada guru.
.
Kata Kunci : Praktek Pembelajaran, Pembelajaran Seni, Pandemi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:23 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3178 |