PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENENTUKAN VOLUME KUBUS DAN BALOK SERTA HUBUNGAN AKAR PANGKAT TIGA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALIMATI KABUPATEN BOYOLALI

ANGGARINI, IGUT (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENENTUKAN VOLUME KUBUS DAN BALOK SERTA HUBUNGAN AKAR PANGKAT TIGA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALIMATI KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IGUT ANGGARINI 20126030 .pdf] Text
IGUT ANGGARINI 20126030 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

IGUT ANGGARINI. NPM 20126030. “Peningkatan Hasil
Belajar Menentukan Volume Kubus dan Balok Serta Hubungan Akar
Pangkat Tiga Melalui Penggunaan Model Pembelajaran STAD Pada
Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kalimati Kabupaten Boyolali “. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran
STAD untuk meningkatkan hasil belajar menentukan volume kubus dan
balok serta hubungan akar pangkat tiga pada siswa kelas V SD negeri 2
Kalimati semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalimati yang berjumlah 30
siswa. Prosedur yang digunakan adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan,
(3) observasi, dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan proses
pembelajaran dan hasil belajar. Peningkatan terjadi pada siklus I tetapi
belum maksimal. Pada pelaksanaan siklus II meningkat sesuai dengan
harapan. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dapat
meningkatkan proses pembelajaran dari kurang menjadi baik. Nilai
ketuntasan hasil belajar (KI 3) meningkat dari prasiklus 73% menjadi
87% pada siklus II meningkat 14%, serta rata-rata nilai prasiklus 70
meningkat menjadi 79 pada siklus II meningkat 9 poin. Nilai ketuntasan
hasil belajar (KI-4) meningkat dari prasiklus 70% menjadi 87% pada
siklus II meningkat 17% , serta rata-rata nilai prasiklus 73 meningkat
menjadi 82 pada siklus II meningkat 9 poin.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar menentukan
volume kubus dan balok serta hubungan akar pangkat tiga siswa kelas V
SD Negeri 2 Kalimati Kabupaten Boyolali

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:18
Last Modified: 21 Mar 2024 06:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item
View Item