PENINGKATAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI METODE TEKA- TEKI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM MIFTAAHUL JANNAH SEMARANG

HANIFAH, SOFANI NUR (2022) PENINGKATAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI METODE TEKA- TEKI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM MIFTAAHUL JANNAH SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SOFANI NUR HANIFAH 19156140.pdf] Text
SOFANI NUR HANIFAH 19156140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SOFANI NUR HANIFAH, NPM 19156140. Peningkatan Keaksaraan
Awal Melalui Metode Teka-Teki Gambar Pada Anak Kelompok A Tk Islam
Miftaahul Jannah Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
Universitas PGRI Semarang 2022.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaksaraan awal anak pada
kelompok A sehingga peneliti ingin membangkitkan kemampuan keaksaraan awal
anak melalui teka-teki gambar.
Dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan
keaksaraan awal anak melalui teka-teki gambar. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Tindakan kelas.
Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data yaitu observasi
(pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi.
Hasil analisis observasi aktivitas anak yang dicapai dari dua siklus
diperoleh hasil bahwa peningkatan keaksaraan awal melalui metode teka-teki
gambar pada anak kelompok A TK Islam Miftahul Jannah tahun 2021-2022 dapat
dikatakan berhasil. Hal itu diperkuat dengan adanya peningkatan perolehan skor
dari 16,7 % pada pra siklus menjadi 83% pada siklus kedua.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak dapat menggunakan salah
satu alternatif melalui metode teka-teki gambar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:17
Last Modified: 21 Mar 2024 06:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item
View Item