Muna, Iffah Nailil (2022) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IFFAH NAILIL MUNA 18220036 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Iffah Nailil Muna, “Analisis Proses Pembelajaran Pasca Pandemi Covid�19 pada Peserta Didik Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tahunan Kabupaten Jepara”.
Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang., 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran sehingga memberikan pengaruh pada prestasi
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi.
Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis
interaktif Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian antara lain: masa dan pasca pandemi covid-19
pembelajaran dengan microsoft teams; tatap muka membuat pendidik dan peserta
didik senang; kepala sekolah memberi fasilitas guru dan tidak memberi batasan
untuk berkreasi; media pembelajaran yaitu PPT, spidol dan papan tulis; sumber
belajar yaitu buku paket kelas X dan internet; metode dan model pembelajaran
yaitu diskusi kelompok dan sesi tanya jawab; tahapan pembelajaran kegiatan
pendahuluan, inti dan penutup; format penilaian evaluasi formatif dan sumatif
dengan Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif
(PAN); tingkat pemahaman peserta didik kurang; partisipasi rendah; prestasi
belajar cukup baik; peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran; peserta
didik tidak mau bertanya; intonasi suara guru kurang keras; guru menegur peserta
didik yang gaduh; peserta didik belajar mandiri di perpustakaan.
Kata kunci: Proses Pembelajaran, Peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:15 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3164 |