AWWALIYAH, IFAM ZAKIYYATUL (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI SD NEGERI KARANGASEM KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IFAM ZAKIYYATUL AWWALIYAH 16120053.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
IFAM ZAKIYYATUL AWWALIYAH, “Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh
di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak”,
Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, pembimbing I Dr. Iin
Purnamasari, S.Pd., M.Pd., pembimbing II Qoriati Mushafanah,, S.Pd., M.Pd.,
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kondisi pandemi Covid-19 yang
berdampak pada ranah pendidikan. Untuk memenuhi hak peserta didik dalam
mendapatkan layanan pendidikan selama darurat penyebaran Covid-19 Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang
pedoman dalam menyelenggarakan proses pembelajaran jarak jauh dimasa darurat Covid�19. SD Negeri Karangasem baru pertama kali menerapkan pelaksanaan pembelajaran
jarak jauh, perubahan pola pembelajaran secara tiba-tiba ini menimbulkan berbagai
kendala yang harus dihadapi sehingga guru harus melakukan berbagai upaya agar
pembelajaran dapat tetap berlangsung meskipun di masa pandemi Covid-19.
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis hal-hal terkait pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak pada masa
pandemi Covid-19, (2) mengidentifikasi faktor-faktor pendukung pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak pada masa
pandemi Covid-19, (3) mengidentifikasi faktor-faktor penghambat pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak pada masa
pandemi Covid-19, (4) menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi
hambatan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di
SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
wawancara, observasi, dokumentasi serta angket. Analisis data dilakukan dengan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada
masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak dilaksanakan
dengan pola daring, luring dan home visit, (2) faktor pendukung pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Karangasem
Kabupaten Demak yaitu adanya dukungan dari kepala sekolah serta adanya kerjasama
antara guru dan orangtua peserta didik, (3) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran
jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak
yaitu kurangnya kemampuan dalam penggunaan TIK, kurangnya kemampuan orangtua
dalam membimbing anak belajar, peserta didik jenuh dan bosan, serta kurangnya sarana
prasarana penunjang pembelajaran jarak jauh, (4) upaya yang dilakukan guru untuk
mengatasi hambatan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SD
Negeri Karangasem Kabupaten Demak yaitu kembali kepada kebijakan guru itu sendiri,
yang memungkinkan bisa dilaksanakan dalam pembelajaran jarak jauh serta tidak
memberatkan berbagai pihak.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan yaitu dalam pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh untuk lebih memperhatikan kesiapan sekolah dan orang tua serta
peserta didik terutama dalam hal sarana prasarana. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran
jarak jauh juga harus lebih memperhatikan kesiapan SDM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:12 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3160 |