PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 SISWA KELAS V SDN 2 GEDEBEG KABUPATEN BLORA

SUMIATI, SITI (2022) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 SISWA KELAS V SDN 2 GEDEBEG KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI SUMIATI 18120278.pdf] Text
SITI SUMIATI 18120278.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SITI SUMIATI. NPM 18120278. “Pengaruh Pemberian Reward
Terhadap Motivasi Belajar Pada Tema 1 Subtema 1 Siswa Kelas V Sdn 2
Gedebeg Kabupaten Blora”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2022.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya motivasi
belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya
kurangnya metode pemberian reward sebagai bentuk apresiasi kepada siswa
dalam kegiatan pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh
pemberian reward terhadap motivasi belajar. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap
motivasi belajar pada tema 1 subtema 1 siswa kelas V SDN 2 Gedebeg Kabupaten
Blora.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 2 Gedebeg Kabupaten Blora tahun
pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 40 siswa kelas VA dan VB
dengan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket,
observasi dan dokumentasi.
Hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 26 dari data yang
ditemukan dalam penelitian ini bahwa reward berpengaruh sebesar22,2%
terhadap motivasi siswa kelas V SDN 2 Gedebeg. Diperoleh rata-rata hasil
motivasi belajar siswa pada kelas kontrol adalah 65,60 dan kelas experimen
adalah adalah 85,35. Berdasarkan asil analisis regresi linier sederhana dengan
perhitungan uji signifikansi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05 dan
memiliki Fhitung > Ftabel yaitu 5,151 > 4,41. Serta berdasarkan uji “t” didapat thitung
= 2,270 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel ternyata thitung > ttabel
pada taraf signifikan 5% yaitu 2,270 > 2,101. Dari data diatas dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan pemberian reward terhadap
motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya strategi pemberian reward dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:10
Last Modified: 21 Mar 2024 06:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item
View Item