PERSEPSI GURU TERHADAP EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI GROWONG KIDUL 02 KABUPATEN PATI

INDRIANI, IDA (2022) PERSEPSI GURU TERHADAP EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD NEGERI GROWONG KIDUL 02 KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IDA INDRIANI 18120070.pdf] Text
IDA INDRIANI 18120070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

IDA INDRIANI. NPM 18120070. “Persepsi Guru Terhadap Ekstrakurikuler
Karawitan Di SD Negeri Growong Kidul 02 Kabupaten Pati”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Konteks penelitian yang mendorong dalam penelitian ini adalah rendahnya
nilai-nilai karakter pada peserta didik. Hal tersebut disebabkan peserta didik
dipandang kurang mempunyai rasa bangga terhadap kebudayaan tradisional dan
gemar mendengarkan lagu-lagu barat.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi guru
terhadap ekstrakurikuler karawitan di SD Negeri Growong Kidul 02 Kabupaten
Pati?, 2) Nilai-nilai karakter apa saja yang terkandung dalam ekstrakurikuler
karawitan di SD Negeri Growong Kidul 02 Kabupaten Pati? Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap ekstrakurikuler
karawitan dan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalam ekstrakurikuler
karawitan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Lokasi penelitian di SD Negeri Growong Kidul 02 Kabupaten Pati. Subjek
penelitian adalah kepala sekolah, bapak/ibu guru, dan pelatih ekstrakurikuler
karawitan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket.
Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penganalisan data
melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menujukkan
bahwa melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan dapat diketahui persepsi guru
terhadap ekstrakurikuler karawitan. Nilai-nilai yang terkandung di dalam
ekstrakurikuler karawitan dapat membentuk perilaku peserta didik agar memiliki
kebiasaan yang baik saat latihan berlangsung dan berpengaruh dalam kehidupan
sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam ekstrakurikuler karawitan
di SD Negeri Growong Kidul 02 meliputi nilai karakter religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, dan lain-lain.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dari kegiatan ekstrakurikuler
karawitan diketahui persepsi guru terhadap ekstrakurikuler karawitan guna
membentuk karakter peserta didik di SD Negeri Growong Kidul 02 serta diketahui
bentuk nilai karakter yang terkandung dalam ekstrakurikuler karawitan. Saran
yang dapat disampaikan adalah bagi sekolah supaya mempertahankan kegiatan
ekstrakurikuler karawitan, bagi guru sebaiknya dapat menarik perhatian peserta
didik untuk mengikuti ekstrakurikuler karawitan, dan bagi siswa harus lebih giat
dan semangat dalam kegiatan ekstrakurikuer karawitan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:09
Last Modified: 21 Mar 2024 06:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3155

Actions (login required)

View Item
View Item