MAROM, AUFAL (2022) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSRI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AUFAL MAROM 18110130.pdf
Download (8MB)
Abstract
Aufal Marom. NPM 18110130. “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok
dengan Teknik Diskusi kelompok Terhadap Perencanaan Karir Siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Bangsri”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I : Dr. Arri
Handayani, S.Psi., M.Si. Pembimbing II : Dr. Venty., S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih memiliki
perencanaan karir yang masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa masih
mengalami kebingungan dalam perencanaan karir yang di alami.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahu efektifitas layanan
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap perencanaan karir
siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian true experimental design
dengan bentuk pretest-posttest control grup design. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 360 siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri. Sampel
didapat dari hasil pemilihan kelas secara acak dengan teknik cluster random
sampling dengan jumlah 36 siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan
data yaitu menggunakan skala perencanaan karir.
Hasil analisis skala psikologis perencanaan karir peserta didik menunjukan
bahwa prosentase layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok terdapat
keefektifan antara bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap
perencanaan karir siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri. Dengan hasil nilai taraf
signifikansi 5% (0,05) yaitu 2,032. Dan diperoleh hasil = 10,443 > 2,032
. maka ditolak dan diterima. Sehingga hipotesis berbunyi “Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Efektif Terhadap Perencanaan
Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangsri”.
Dengan
adanya
penelitian
ini
diharapkan
agar
siswa
dapat
mengambangkan perencanaan karir dengan maksimal. Serta untuk guru BK
diharapkan untuk menindak lanjuti permasalahan ini dengan memperkaya
assesment dan kegiatan layanan BK di sekolah.
Kata kunci : perencanaan karir, bimbingan kelompok, dan teknik diskusi
kelompok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:39 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3143 |