PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA SMA N 1 MOGA

Sufa, Isye Kamayasi Faila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA SMA N 1 MOGA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Isye Kamayasi Faila Sufa 19320052.pdf] Text
Isye Kamayasi Faila Sufa 19320052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di
kelas XI MIPA SMA N 1 Moga yang banyak dipengaruhi oleh model
pembelajaran yang kurang efektif. Model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dirasa dapat memberikan kemudahan peserta didik dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Moga pada materi pergerakan
zat melalui transpor membran. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
menggunakan desain quasy eksperimental research. Sampel dalam penelitian ini
adalah dua XI G menjadi kelas eksperimen dan XI C menjadi kelas kontrol yang
diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah pre test dan post test. Teknik analisis
yang digunakan adalah dengan uji independent sample T-test dan Uji N-Gain .
Guna untuk mengetahui apakah ada pengaruh Problem Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis hasil uji independent sample T-test dari penelitian ini
menunjukkan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima yang artinya ada pengaruh model problem
based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji N-Gain dari
penelitian ini menunjukkan nilai sebesar 0,5215 di kelas eksperimen termasuk
kedalam kategori sedang, kemudian hasil Uji N-Gain pada kelas kontrol
menunjukkan nilai sebesar 0,4499 termasuk kedalam kategori sedang.
Kata kunci: model pbl, kemampuan berpikir kritis, transpor membran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:40
Last Modified: 05 Jan 2024 02:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item
View Item