KHAUZANAH, ASYIFA NUR (2022) MANAJEMEN PROGRAM BILINGUAL BERBASIS PENDIDIKAN HOLISTIK DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ASYIFA NUR KHAUZANAH 18120285.pdf
Download (3MB)
Abstract
ASYIFA NUR KHAUZANAH. NPM 18120285. “Manajemen Program
Bilingual Berbasis Pendidikan Holistik di SD HJ. Isriati Baiturrahman 2
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Muhammad Arief Budiman, M.Hum.
dan Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd. Maret. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada dasarnya program
bilingual diperlukan untuk membekali siswa memiliki daya saing secara global
karena kecakapannya dalam berbahasa inggris. Pendidikan holistik bertujuan agar
siswa dapat mengenali, memahami, menganalisis, dan menghubungkan satu mata
pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang
sebagai salah satu lembaga pendidikan islam yang mengutamakan pendidikan
holistik, dan menerapkan manajemen program bilingual.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji
implementasi, evaluasi, dan mengetahui kesulitan dan hambatan dalam penerapan
program bilingual berbasis pendidikan holistik di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2
Semarang.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.
Sedangkan teknik analis data nya meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian
data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program bilingual
berupa penggunaan bahasa Inggris dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Evaluasi
program bilingual berbasis pendidikan holistik antara lain exercise, practice, dan
pengayaan. Kesulitan dan hambatan yang dihadapi adalah peserta didik kurang
memahami proses pembelajaran sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu pihak
sekolah dapat mengupayakan kegiatan baru yang dapat mendukung implementasi
program bilingual berbasis pendidikan holistik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:32 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3137 |