ARDIANTO, FAHREZI CATUR (2022) ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 NAMPU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
FAHREZI CATUR ARDIANTO, NPM 17120240.“ Analisis Dampak Game
Online Terhadap Perilaku Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Nampu”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan.Universitas PGRI Semarang. Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd.
dan Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. 2022
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perkembanganteknologi yang
sangat pesat dibidang internet. Sehingga banyaknya siswa yang bermain game
online yang mengakibatkan siswa sering malas belajar dan suka pemarah saat
disuruh orang tuanya untuk mengerjakan tugas yang diberikan gurunya,
sehingga perilaku siswa tersebut berubah karena sering bermain game online.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah “Analisis Dampak Game Online
Terhadap Perilaku Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Nampu” Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dampak game online terhadap perilaku siswa kelas IV SD
Negeri 7 Nampu. Pada penelitian ini dilakukan kepada siswa siswi SDNegeri 7
Nampu kelas IV.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan
fakta dari sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara,
kuisioner/angket dan dokumentasi. Kemudian data tersebut disesuaikan dengan
permasalahan dampak game online terhadap perilaku siswa kelas IV SD Negeri
7 Nampu.
Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa game online
memberikan dampak positif dan negatif pada siswa, dampak positif antara lain
melatih koordinasi tangan dan mata, anak menjadi paham bahasa asing seperti
bahasa inggris dan memiliki banyak teman, sedangkan dampak negatif antara
lain siswa akan merasa kecanduan, siswa suka berbicara kasar kotor sehingga
terbawa dalam keseharian, siswa mudah marah, dan suka membangkang. Saran
yang dapat disampaikan yaitu hendaknya guru memberikan pengarahan dan
motivasi bagisiswa. Dengan hal itu siswa dapat mengurangi waktu bermain agar
tidak kecanduan bermain game online.Selain itu dapat menyadari bagaimana
waktu yang sangat berharga harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan
mencari kegiatan yang positif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:28 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3133 |