ASPIYAH, ASPIYAH (2022) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB ALI MUBAROK DESA WARU KECAMATAN MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ASPIYAH 19156092.pdf
Download (3MB)
Abstract
Aspiyah (NPM. 19156092). “Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus
Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Ali Mubarok
desa Waru Kecamatan Mranggen Demak” Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen
Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
Keterampilan motorik halus anak, karena Anak masih terpola dengan pola
pembelajaran lama. Masalah dalam penelitian ini tentang upaya meningkatkan
keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting pada anak usia 3-4
tahun di KB Ali Mubarok Desa Waru Kecamatan Mranggen Demak. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan Keterampilan motorik halus anak
melalui kegiatan finger painting
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan
data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini sebanyak 20 anak Kelompok umur 3-4 Tahun di KB Ali Mubarok Kecamatan
Mranggen Kabupaten Demak ”. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua
siklus diperoleh hasil peningkatan keterampilan motorik halus anak pada siklus I
mencapai persentase 50 % dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan
siklus II perkembangan kemterampilan motorik halus anak meningkat mencapai
85% dengan kategori Berkembang Sangat Baik, dengan demikian perkembangan
keterampilan motorik halus anak mengalami peningkatan yang signifikan.
Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi
keterampilan motoric halus anak dengan kegiatan finger painting pada anak usia
3-4 Tahun di KB Ali Mubarok Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak terbukti.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan
motorik halus anak dapat meningkat melalui kegiatan finger painting.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan
keterampilan anak di motorik halusnya lebih meningkat dengan metode
pembelajaran yang lebih menarik . Diharapkan kegiatan seperti ini dapat
dilaksanakan secara terprogram.Karena dengan kegiatan finger painting, anak
dapat mengembangkan keterampilan motorik halusnya dengan kegiatan bermain,
dimana anak praktek langsung cara menstimulasi motorik halusnya dengan media
yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:24 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3130 |