PENERAPAN MIND MAPPING BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA/PAUD AL-HADI GIRIKUSUMA MRANGGEN DEMAK

INDAHSARI, LILIK NUR (2023) PENERAPAN MIND MAPPING BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA/PAUD AL-HADI GIRIKUSUMA MRANGGEN DEMAK. Diploma thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of LILIK NUR INDAHSARI 19560011.pdf] Text
LILIK NUR INDAHSARI 19560011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Lilik Nur Indahsari. NPM: 19560011. Penerapan Mind Mapping bagi Peningkatan
kemampuan Bercerita Anak usia 5-6 tahun di RA/PAUD Al-Hadi Girikusuma
Mranggen Demak. Program Pascasarjana. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Arri Handayani, S.Psi., M.Si. II Dr. Ir.Anita Chandra Dewi S.,
M,Pd
Rumusan masalah ini adalah: 1) Bagaimana penerapan mind mapping
dalam proses pembelajaran bercerita di PAUD Al-Hadi Girikusuma Mranggen
Demak 2) Bagaimana implikasi penerapan mind mapping bagi peningkatan
kemampuan bercerita siswa PAUD Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak?
Penelitian ini adalah Jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan
kualitatif dengan desain studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian
dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data
dan verifikasi atau kesimpulan
Hasil penelitian adalah: 1) Penerapan mind mapping dalam proses
pembelajaran bercerita di PAUD Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak dengan
membuat perencanaan seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian ,
menyusun kerangka mind mapping, menyediakan media gambar, pembentukan
kelompok maupun pasangan, kemudian proses pelaksanaan pembelajaran yang
dimulai dari pendahuluan kegiatan berupa, absensi dan pemberian motivasi. Guru
menyuruh peserta didik melengkapi mind mapping baik secara pribadi, kelompok
maupun pasangan yang ditindaklanjuti dengan presentasi, diskusi, mereview,
tanya jawab dan penguatan dari guru. Implementasi memanfaatkan media yang
sesuai dengan materi untuk mendukung proses belajar dan berprinsip pada
keaktifan peserta didik, evaluasinyapun ditentukan pada proses dan kemampuan
bercerita. 2) Implikasi penerapan mind mapping bagi peningkatan kemampuan
bercerita siswa PAUD Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak adalah
pembelajaran ini mengarahkan pada keaktifan siswa student centered sehingga
siswa mengalami sendiri pembelajaran yang dilakukan, guru hanya menjadi
motivator yang berusaha menjadi partner siswa dalam meningkatkan
keaktifannya, menciptakan kondisi kelas yang mengerahkan semua potensi siswa.
Penerapan mind mapping diarahkan pada kekreatifan dari peserta didik, dengan
mengajak siswa berpikir, bermain sambil belajar dan peserta didik di motivasi
untuk mampu bercerita dengan mengamati dan berfikir dari setiap garis mind
mapping yagn di isi, hingga pada akhirnya siswa lebih fokus untuk menyelesaikan
mappingnya sehingga pada akhirnya akan berkembang kemampuan berceritanya
karena sudah dipandu dari mind mapping yang telah dikerjakannya.
Kata Kunci : Mind Mapping, Pengembangan, Kemampuan, Bercerita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:36
Last Modified: 05 Jan 2024 02:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item
View Item