PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK CAHYA INDRIA BINTORO DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022

MUDAWWAMAH, MUDAWWAMAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK CAHYA INDRIA BINTORO DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUDAWWAMAH  19156081.pdf] Text
MUDAWWAMAH 19156081.pdf

Download (2MB)

Abstract

MUDAWWAMAH. NPM 19156081 “Peningkatan Kemampuan Mengenal
Lambang Bilangan 1-10 Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Bergambar Pada
Anak Kelompok A Di TK Cahya Indria Bintoro Demak” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan kognitif anak yang disebabkan kurang menariknya metode
pembelajaran di pergunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses
pembelajaran melalui Kegiatan bermain Kartu Angka Bergambar untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal Lambang Bilangan 1-10 di TK
Cahya Indria Bintoro Demak Tahun Pelajaran 2021/2022?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak. 2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran melalui
bermain Kartu Angka Bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak
mengenal Lambang Bilangan 1-10 di TK Cahya Indria Bintoro Demak Tahun
Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 15 anak Kelompok A di TK Cahya Indria Bintoro Demak tahun pelajaran
2021/2022”. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat
ditarik kesimpulan bahwa dengan bermain Kartu Angka Bergambar dapat
meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal Lambang Bilangan 1-
10 di TK Cahya Indria Bintoro Demak tahun pelajaran 2021/2022. Dari hasil akhir
dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan anak
pada siklus I mencapai presentase 40% dan siklus II perkembangan kemampuan
anak meningkat mencapai 80% dengan demikian perkembangan kemampuan anak
mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan
optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan anak meningkat melalui bermain
Kartu Angka Bergambar pada Kelompok A TK Cahya Indria Bintoro Demak tahun
ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan anak dapat meningkat melalui bermain Kartu Angka Bergambar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru
lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dan mengoptimalkan media
pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:13
Last Modified: 21 Mar 2024 04:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item
View Item