PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA DI ERA PANDEMI

AVIONITA, EVLYNIA VINI (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA DI ERA PANDEMI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

EVLYNIA VINI AVIONITA. NPM 17120196. “Peran Guru Dalam
meningkatkan Karakter Gemar membaca Siswa Di Era Pandemi”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah karakter gemar
membaca siswa sekolah dasar tergolong rendah dengan skor PISA (Programme
for International Student Assessment) 2018 sebesar 396 dan mengalami
penurunan sebesar 6% dari tahun 2012 hingga 2018. Fokus penelitian dalam
penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan karakter gemar
membaca peserta didik tingkat sekolah dasar di Kecamatan Ungaran Timur di era
pandemi? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan karakter gemar membaca pada
peserta didik tingkat sekolah dasar di tiga sekolah dasar Kecamatan Ungaran
Timur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berlokasi di MI Kawengen 02, SDN
Gedanganak 03 dan, SDN Kalongan 02 Kecamatan Ungaran Timur. Sampel yang
diambil adalah 30 siswa MI Kawengen 02, 30 siswa SD N Gedanganak 03 dan, 30
siswa Kalongan 02 Ungaran Timur beserta wali kelas dari masing-masing sekolah
tersebut. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
pengisian angket oleh siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian diperoleh deskripsi bahwa guru berperan dalam
meningkatkan karakter gemar membaca siswa di era pandemi dengan cara
memotiv asi, memfasilitasi, mendemonstrasikan, menjadi mediator, inisiator dan
inspirator siswa, mengawasi serta membimbing siswa. Faktor pendukung dalam
meningkatkan karakter gemar membaca siswa yaitu faktor lingkungan kelas dan
sekolah, sedangkan faktor penghambat berasal dari siswa dan lingkungan keluarga
siswa.
Kata kunci : Peran Guru, Karakter, Gemar Membaca, Pandemi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:07
Last Modified: 21 Mar 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item
View Item