IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN

NUGROHO, ARIFIANTO ASTRI (2022) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARIFIANTO ASTRI NUGROHO 18110094.pdf] Text
ARIFIANTO ASTRI NUGROHO 18110094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Arifianto Astri Nugroho. NPM 18110094. Skripsi. November 2022.
―Implementasi Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi dalam Meningkatkan
Pemahaman Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pekalongan‖.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Arri Handayani, S.Psi., M.Si., dan
Pembimbing II Desi Maulia, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah-masalah yang dihadapi
peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Pekalongan, yaitu: 1) peserta didik
belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi; 2) peserta didik belum mengetahui
cara mengeksplorasi bakat yang dimilikinya; 3) sebagain besar peserta didik
belum mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya; dan 4) sebagaian
besar pemahaman diri peserta didik masih tergolong dalam kriteria rendah.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan
kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan pemahaman diri peserta didik kelas
VIII di SMP Negeri 6 Pekalongan; dan 2) untuk mengetahui adanya peningkatan
pemahaman diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pekalongan melalui
implementasi bimbingan kelompok teknik diskusi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan disain Pre-
Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 6 Pekalongan
berjumlah 67 peserta. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB SMP
Negeri 6 Pekalongan dengan jumlah 32 peserta. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik non tes berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis
data yang digunakan statistik deskriptif. Uji prasyarat data menggunakan
validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji
paired sampel t-test.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan, bahwa implementasi
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dengan topik pemahaman diri peserta
didik kelas VIIIB di SMP Negeri 6 Pekalongan, dilakukan dengan tiga tahapan,
yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; dan 3) penilaian. Hasil uji hipotesis
dilakukan dengan uji paired sampel t-test, diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000
< 0,05, maka terdapat peningkatan pemahaman diri peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 6 Pekalongan melalui implementasi bimbingan kelompok teknik diskusi.
Peningkatan nilai rata-rata mean pre-test sebesar 71,16 menjadi rata-rata mean
post-test sebesar 80,84, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 9,687
atau 10%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman diri
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pekalongan melalui implementasi
bimbingan kelompok teknik diskusi. Peningkatan pemahaman diri peserta didik
melalui perbedaan rata-rata mean sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:45
Last Modified: 21 Mar 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item
View Item