UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA LOOSEPARTS DI POS PAUD KEMBANGARUM 2

ETIKARISTIANI, ETIKARISTIANI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA LOOSEPARTS DI POS PAUD KEMBANGARUM 2. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Etikaristiani (NPM . 19156008). “Upaya Meningkatkan Kemandirian
Anak Melalui Metode Bermain dengan Media Looseparts di Pos PAUD
Kembangarum 2” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H,
S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
Kemandirian anak, karena Anak masih terpola dengan pola pembelajaran yang
hanya menggunakan lembar kerja.Masalah dalam penelitian ini tentang Upaya
Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain dengan Media
Looseparts di Pos PAUD Kembangarum 2.Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan Kemandirian anak melalui metode bermain dengan media
Looseparts.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 28 anak Kelompok umur dua-tiga tahun di Pos Paud Kembangarum 2
Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Dari hasil akhir dengan menggunakan
teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemandirian anak pada siklus I
perkembangan kemampuan anak mencapai persentase 71,43 % dengan kategori
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan siklus II perkembangan kemandirian
anak meningkat mencapai 78,57% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan
(BSH), dengan demikian perkembangan kemandirian anak mengalami
peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal
bahwa upaya meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain dengan
media Looseparts terbukti.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian anak
dapat meningkat melalui metode bermain dengan media Looseparts.Berdasarkan
hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan anak untuk
lebih mandiri, pada kegiatan pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru,
Diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara terprogram.Karena
metode bermain dengan media Looseparts , anak dapat mengembangkan ide
mereka dalam kegiatan bermain, dimana anak praktek langsung cara bermain
yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:48
Last Modified: 21 Mar 2024 03:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item
View Item