PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI SDN GEBANGSARI 01 KOTA SEMARANG

FIRMANSYAH, HANIF (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI SDN GEBANGSARI 01 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Hanif Firmansyah 18120054 .pdf] Text
Hanif Firmansyah 18120054 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

HANIF FIRMANSYAH. NPM 18120054. “Pengembangan Media Video
Animasi Pembelajaran Berbasis Plotagon Untuk Meningkatkan Minat Belajar
Siswa Kelas V Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SDN
Gebangsari 01 Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Sukamto, S.Pd., M.Pd. dan
pembimbing II Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd. 2022.
Berdasarkan wawancara dan observasi siswa kelas V selama ini dalam
proses pembelajaran, siswa mengalami bosan dalam melihat video pembelajaran
yang kurang menarik. Siswa belum bisa menangkap materi dengan jelas karena
guru menerangkan materi tanpa di dukung oleh media pembelajaran yang relevan,
sehingga materi yang diterima siswa masih bersifat abstrak. Oleh karena itu guru
dan siswa membutuhkan adanya media yang lebih inovatif, kreatif dan menarik
salah satunya dengan mengembangkan media video animasi berbasis plotagon
untuk kelas V sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah
karakteristik Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia dalam media
video animasi yang dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN
Gebangsari 01 Kota Semarang? 2) Apakah kevalidan media video animasi pada
materi Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia memenuhi kriteria
valid? 3) Bagaimanakah kepraktisan media video animasi pembelajaran untuk
meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Gebangsari 01 Semarang? 4)
Implementasi keefektifan video animasi pembelajaran berbasis plotagon untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V ?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu
dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media video
animasi berbasis plotagon sampai pada tahap uji keefektifan media. Penelitian dan
pengembangan media ini dilaksanakan di SD Negeri Gebangsari 01.
Hasil dari ahli materi menunjukkan rata-rata presentase 95% dan hasil dari
ahli media menunjukkan rata-rata presentase 100%. Penilaian praktisi materi
memperoleh presentase 90% sedangkan praktisi media memperoleh presentase
82,5%. Hasil penilaian kedua guru kelas V pada penilaian materi didapat hasil
presentase 97,5% dan penilaian media mendapat presentase 95%. Angket
tanggapan siswa sebesar 100%. Tingkat keefektifan media terhadap minat belajar
peserta didik kelas V sebelum menggunakan media rata-rata hasil siswa sebesar
65 dan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media adalah 90.
Hal ini dapat disimpulkan media yang dikembangkan termasuk dalam kategori
“sangat baik” dan “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran kelas V
tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia.
Berdasarkan hasil penelitian, media video animasi pembelajaran di kelas V tema 1
subtema 1 organ gerak hewan dan manusia dapat digunakan untuk meningkatkan
minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:38
Last Modified: 21 Mar 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item
View Item