UPAYA MENINGKATKAN KEPEDULIAN ANAK TERHADAP GURU DAN TEMAN MELALUI METODE BERKISAH PADA SISWA KELOMPOK A DI TKIT ULUL ALBAAB KECAMATAN WELERI

WULANDARI, ARI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEPEDULIAN ANAK TERHADAP GURU DAN TEMAN MELALUI METODE BERKISAH PADA SISWA KELOMPOK A DI TKIT ULUL ALBAAB KECAMATAN WELERI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARI WULANDARI 19156143.pdf] Text
ARI WULANDARI 19156143.pdf

Download (3MB)

Abstract

ARI WULANDARI, NPM 19156143: Upaya meningkatkan kepedulian
anak terhadap guru dan teman melalui metode berkisah pada siswa kelompok A
di TKIT Ulul Albaab Kecamatan Weleri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang, 2022.
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya rasa
kepedulian anak terhadap guru dan teman. Peneliti ingin mengembangkan
karakter kepedulian anak melalui metode berkisah.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Kelompok A kelas
Utsman Bin Affan TKIT Ulul Albaab Weleri. Adapun sampel penelitian ini
berjumlah 17 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan
kepedulian anak terhadap guru dan teman melalui metode berkisah. Tujuan dari
penelitian ini adalah meningkatkan sikap kepedulian anak.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang
terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan teknik analisis kuantitatif terhadap hasil observasi dan teknik
analisis kualitatif terhadap hasil perkembangan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode berkisah dapat
meningkatkan kepedulian terhadap guru dan teman pada kelompok A kelas
Utsman Bin Affan di TKIT Ulul Albaab Weleri. Hal ini terbukti dengan
terjadinya peningkatan hasil perkembangan anak dari kondisi awal, siklus I dan di
siklus II. Hasil perkembangan anak pada kondisi awal yang mendapat kategori
baik ada 3 anak yang diprosentasekan menjadi 18%, pada siklus I sebanyak 8
anak yang diprosentasekan menjadi 40% dan pada siklus II naik menjadi 14 anak
yang diprosentasekan menjadi 82%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
berkisah dapat meningkatkan kepedulian anak terhadap guru dan teman pada
kelompok A kelas utsman bin affan TKIT Ulul Albaab Weleri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:33
Last Modified: 21 Mar 2024 03:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item
View Item