PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA

DEWI, SELVI SEKAR (2023) PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SELVI SEKAR DEWI 19110041.pdf] Text
SELVI SEKAR DEWI 19110041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan
peneliti di SMA Institut Indonesia pada tgl 12 Mei 2023, masih banyak siswa
yang memiliki motivasi belajar rendah terlebih lagi karena adanya kurikulum
merdeka belajar, kurikulum merdeka belajar pastinya diterapkan di SMA
Indonesia untuk meningkatkan hal-hal yang sudah hilang saat pandemic Covid�19. Kurikulum merdeka belajar menjadi kurikulum yang sangat berbeda dari
sebelumnya dikarenakan keunikannya bahwa siswa dapat memilih untuk
mempelajari pelajaran yang mereka sukai dan dapat lintas jalur.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan fenomenologi dimana penelitian ini mendeskripsikan pemaknaan
pengalaman hidup dari sejumlah individu yang menjadi subjek penelitian terkait
dengan konsep dan fenomena. Tujuan fenomenologi untuk memahami fenomena
dari perspektif individu yang mengalaminya dalam situasi tertentu secara umum.
Pengambilan data yang digunakan adalah pedoman observasi, kuesioner,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah didapat dianalisis
melalui tahapan empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah itu disajikan dalam bentuk
pendeskripsian dalam bentuk kalimat mengenai penemuan makna dari setiap
fenomena.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa peran guru BK dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa sangatlah penting, peran guru BK dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok
Teknik diskusi di SMA Institut Indonesia Semarang, guru BK berperan sebagai
informator, fasilitator, director, inisiator, dan evaluator. Yang paling dominan
dalam penunjang layanan teesebut adalah peran guru BK sebagai informator dan
fasilitator.
Saran yang dapat disampaikan Diharapkan kepada guru BK agar dapat
memahami perannya dengan baik dan hendaklah memberi motivasi belajar dan
memberi suri tauladan yang baik sebagai contoh untuk siswa, sehingga siswa
dapat memiliki motivasi belajar yang tinggi dan dapat meraih prestasi yang baik
dan siswa dapat memiliki sikap dan kepribadian yang baik dan teladan.
Kata Kunci: peran guru BK, meningkatkan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:33
Last Modified: 05 Jan 2024 02:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item
View Item