ANALISIS MOTIVASI BELAJAR AKIBAT PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SD N GETASBLAWONG KENDAL

RESTY, RESTY and UNSPECIFIED (2022) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR AKIBAT PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SD N GETASBLAWONG KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

APRINA ENGGAR RESTY. 17120211. “ Analisisi Motivasi Belajar Akibat
Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IV SD N Getasblawong Kendal”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menurunya motivasi
belajar akibat pandemi Covid-19 pada siswa. Proses pembelajaran pada masa
pandemi Covid-19 sekolah di seluruh Indonesia menerapkan pembelajaran daring
atau online. Hal tersebut dialami oleh salah satu sekolah yaitu SD N
Getasblawong Kendal. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui motivasi belajar dan faktor apa yang mepengaruhi motivasi
belajar akibat pandemi Covid-19 pada siswa kelas IV SD N Getasblawong
Kendal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana motivasi belajar
akibat pandemi Covid-19 pada siswa kelas IV SD Negeri Getasblawong Kendal ?
2) Faktor apa yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas IV SD N
Getasblawong Kendal ? Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini
1) Mengetahui motivasi belajar akibat pandemi Covid-19 pada siswa kelas IV SD
Negeri Getasblawong Kendal. 2) Mengetahui faktor apa yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Getasblawong Kendal.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian
adalah 19 siswa dan 1 guru kelas IV SD N Getasblawong Kendal. Sumber data
yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis motivasi belajar akibat
pandemi Covid-19 pada siswa menunjukkan persentae 60,42% atau dalam
kategori motivasi sedang. Dorongan terbaik yang dapat diberikan agar motivasi
belajar tinggi adalah dukungan dari orang tua karena dalam penelitain ini faktor
motivasi yang paling dominan yakni faktor motivasi eksternal atau faktor yang
berasal di luar dari dirinya sendiri yang mampu mempengaruhi motivasi belajar
sehingga siswa yang kurang termotivasi dari dirinya sendiri dapat termotivasi
untuk belajar lebih giat.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
dalam pelaksanaan pembelajaran daring atau online di rumah. Siswa perlu diberi
dorongan dan dukungan dari guru kelas. Karena kondisi pandemi Covid-19 ini
siswa belajar di rumah bagimanapun peran orangtua yang sangat berpengaruh
terhadap motivasi belajar siswa. Orangtua memberikan perhatian dan dukungan
yang penuh terhadaap kegiatan anak dalam belajar sehingga anak dapat
meningkatan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:16
Last Modified: 21 Mar 2024 03:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3063

Actions (login required)

View Item
View Item