AFIFAH, FIRYAL (2022) HUBUNGAN SELF AWARENESS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWAKELAS XII IPS KETIKA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA N 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Firyal Afifah 18110017.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Di masa pandemi, semua sekolah melakukan pembelajaran dengan sistem jarak jauh atau
daring, untuk mengurangi penularan virus covid 19. Alternatif pembelajaran yang sering
digunakan selama masa pandemi dilakukan sepenuhnya daring atau jarak jauh maupun
campuran, tetapi masih banyak sekolah yang melakukan secara daring atau jarak jauh,
diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, namun kondisi
pembelajaran jarak jauh saat ini, terlihat kurang efektif dan kedisiplinan siswa.
Kedisiplinan siswa masih tergolong rendah karena kurang adanya kesadaran diri pada
siswa untuk mengikuti pembelajaran, sehingga dapat dikatakan self awareness nya
masih kurang baik ketika pembelajaran jarak jauh ini diberlakukan. Dalam hal itu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan self awareness terhadap
kedisiplinan siswa ketika pembelajaran jarak jauh. Penelitiann ini dilakukan dengan
menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Responden dalam penelitian
ini yaitu siswa kelas XII IPS dengan pengambilan sampel teknik sampling jenuh. Data
penelitian ini diperoleh melalui penyebaran skala penelitian. Berdasarkan dari hasil
analisis data penelitian dengan menggunakan uji regresi sederhana dapat disimpulkan
bahwa data tersebut menunjukan bahwa nilai F hitung 62,122 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 oleh karena itu, uji regresi linier sederhana dapat
dipakai untuk memprediksikan variabel self awareness dengan kata lain didapatkan hasil
bahwa terdapat hubungan variabel self awareness terhadap variabel kedisiplinan siswa
selama pembelajaran jarak jauh. Untuk dapat melihat seberapa kuat hubungan antara
variabel X dengan variabel Y dapat dilihat dari nilai R square (koefesien determinan)
sebesar 0,388 yang artinyahubungan self awareness terhadap kedisiplinan sebesar 38,8%.
Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan antara
self awareness terhadap kedisiplinan siswa kelas XII IPS di SMA N 3 Pemalang ketika
pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: Self awareness, Kedisiplinan, Pembelajaran jarak jauh
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:08 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3052 |