ERLINDA, APRILIA ARNA (2022) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 BULUSARI KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
APRILIA ARNA ERLINDA 18120269.pdf
Download (4MB)
Abstract
APRILIA ARNA ERLINDA. NPM 18120269. „‟ Analisis Kesulitan Membaca
Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Bulusari Kecamatan Sayung
Kabupaten Demak „‟. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr.H.
Rahmat Rais,M.Ag. Dosen Pembimbing II Sukamto,S.Pd M.Pd.
Kesulitan membaca adalah suatu gejala masalah dalam mempelajari
komponen-komponen kata dan kalimat sehingga mengalami kesulitan dalam
memproses informasi seperti kemampuan dalam menyampaikan dan menerima
informasi. Peneliti telah melakukan studi pendahuluan di SD Negeri 1 Bulusari
Kecamatan Sayung Kabupaten Demak pada kelas 1, terdapat kesulitan membaca
pada siswa-siswi yang kurang mengenali huruf serta faktor yang memengaruhi
kesulitan membaca. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas dan Siswa kelas 1 SD Negeri 1
Bulusari. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, Angket dan Dokumentasi.
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri 1 Bulusari dapat di
simpulkan bahwa pemahaman huruf abjad siswa masih kurang tetapi jika huruf
abjad menjadi kata, siswa tersebut masih kesulitan. Kemudian berdasarkan hasil
wawancara, observasi dan angket yang saya sebar di ketahui bahwa kesulitan
membaca siswa di pengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut: (1) faktor
intelektual yang secara umum kurangnya percaya diri dan daya ingat yang rendah
(2) faktor fisiologis yang meliputi neurologis dan jenis kelamin dan Kesehatan
fisik (3) faktor psikologis yang meilputi motivasi, minat baca anak, dan
kematangan emosi serta penyusuaian diri yang masih kurang (4) faktor
lingkungan yang mempengaruhi anak karena kondisi rumah yang tidak nyaman.
Saran sebaiknya siswa yang belum lancar membaca harus selalu
membiasakan untuk belajar membaca, tidak hanya sekedar membaca, tetapi harus
mampu memahami isi bacaan. Sebaiknya guru lebih melatih siswa untuk
memahami isi bacaan, dan lebih membiasakan siswa agar gemar membaca serta
orang tua di rumah memulai gemar membaca agar siswa terpengaruh untuk gemar
membaca juga, sehingga kemampuan membaca siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:06 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3050 |