HUSNA, SAYYIDATUL (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK KELOMPOK A DI TPA MUSLIMAT NU AL BAROKAH KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SAYYIDATUL HUSNA 19156061.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
keterampilan dalam menstimulus anak, Pembelajaran juga masih berpusat pada
pendidik. Dalam mengenalkan konsep lambang bilangan materi yang disampaikan
dengan metode ceramah, tanya jawab dan menuliskan bilangan dipapan tulis.
Sehingga anak didik secara langsung kurang dilibatkan, media yang digunakan
untuk mengenalkan konsep bilangan pun kurang menunjang pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya
meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan media loose parts
pada anak kelompok A di TPA Muslimat NU Al Barokah Kudus?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek
penelitian adalah peserta didik kelompok A di TPA Muslimat NU Al Barokah
Kudus terdiri dari 24 anak. Obyek penelitian adalah kemampuan mengenal konsep
bilangan dengan media loose parts. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian
ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan
persentase.
Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar
45,83% pada kategori mulai berkembang sedangkan Nilai rata-rata kelas pada
siklus 2 sebesar 84,58% pada kategori berkembang sangat baik. Kemampuan anak
dalam mengenal konsep bilangan pada siklus 2, mayoritas berada pada kategori
berkembang sangat baik. dan Siklus 2 ini kemampuan anak dalam mengenal
konsep bilangan sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media Loose Parts
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:31 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/305 |