PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG

Septiana, Erisa (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Erisa Septiana, “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar
Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar
Kabupaten Batang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal di SMA
Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang yang menyatakan rendahnya hasil belajar peserta
didik kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor
antara lain perhatian orang tua dan disiplin belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar
peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik di
SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS yaitu 108 peserta didik, kemudian diolah
dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perhatian orang tua berpengaruh
positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten
Batang, 2) disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik di
SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang, 3) perhatian orang tua dan disiplin belajar
berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar
Kabupaten Batang. Hasil menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua (X1)
sebesar 0,188 dan disiplin belajar (X2) sebesar 0,334 berpengaruh positif terhadap
hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang.
Pada koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,405 sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel perhatian orang tua (X1) dan disiplin belajar (X2)
mempengaruhi hasil belajar (Y) sebesar 40,5% dan sisanya 59,5% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:07
Last Modified: 21 Mar 2024 03:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item
View Item