ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNGMAS SEMARANG

SALMA, ANSELMA TSANIA (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNGMAS SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANSELMA TSANIA SALMA 18120216.pdf] Text
ANSELMA TSANIA SALMA 18120216.pdf

Download (4MB)

Abstract

ANSELMA TSANIA SALMA. NPM 18120216. “Analisis Kesalahan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal HOTS Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SDN
Tanjungmas Semarang”. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr.H. Rahmat Rais,
M.Ag., dan Dosen Pembimbing II Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. Agustus. 2022
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri
Tanjungmas Semarang pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam
pembelajaran soal HOTS matematika. Permasalahan yang muncul adalah apa saja
bentuk dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS
matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk kesalahan, dan faktor
penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi pecahan. Prosedur
analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah prosedur Newman. Untuk mencapai
tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
tes, wawancara, dokumentasi dengan subjek penelitian sejumlah 15 siswa. Penelitian
ini menggunakan penelitian deskriptif sehingga untuk menganalisis data yang
diperoleh menggunakan teknik deskriptif kualitatif atau teknik non statistik.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan terdapat lima jenis kesalahan yang
dilakukan siswa kelas lima SDN Tanjungmas Semarang dalam penyelesaian soal
HOTS matematika antara lain yaitu, 1. Pada tahap membaca soal siswa mengalami
kesalahan dikarenakan siswa kurang konsentrasi, 2. Pada tahap memahami, penyebab
siswa melakukan kesalahan dikarenakan siswa kurang memahami soal, 3. Pada tahap
transformasi, penyebab siswa melakukan kesalahan dikarenakan siswa kurang
memahami soal sehingga siswa tidak dapat menentukan operasi yang digunakan untuk
menyelesaikan soal dan siswa tidak tahu rumus atau operasi yang digunakan, 4. Pada
tahap keterampilan proses, penyebab siswa melakukan kesalahan disebabkan karena
siswa lupa cara mengerjakan soal, kesalahan dalam menentukan rumus dan tidak teliti
dalam melakukan perhitungan, 5. Pada tahap penulisan jawaban, penyebab terjadinya
kesalahan ini karena siswa tidak terbiasa menuliskan jawaban akhir (kesimpulan).
Saran dari penelitian ini sebaiknya guru sering memberikan pengajaran mengenai
penyelesaian soal cerita dengan sistematis dan teliti.
Kata Kunci: Kesalahan belajar siswa, Prosedur Newman, Soal HOTS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:04
Last Modified: 21 Mar 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3048

Actions (login required)

View Item
View Item