PUSPITA, ERIN SYEFA (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 4 KUWARON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ERIN SYEFA PUSPITA. NPM 17120126. “Keefektifan Model Project Based
Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 4
Kuwaron”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I : Fajar Cahyadi, S.Pd.,
M.Pd. Pembimbing II : Mira Azizah, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi oleh sebagian besar siswa menganggap
matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, oleh karena itu ketika guru
bertanya dan diminta maju kedepan siswa kurang aktif, hal ini menjadi penyebab
rendahnya pencapaian KKM matematika, yaitu 70. Kesulitan yang sering dialami
siswa adalah kesulitan dalam mengerjakan soal cerita, karena siswa kurang
memahami arti dari soal dan bingung menentukan operasi hitung yang akan
digunakan, sehingga siswa suka menghabiskan waktu yang lama untuk
mengerjakan soal cerita dan siswa sendiri sering melakukan kesalahan dan kurang
teliti. Selain itu juga guru masih menggunakan cara mengajar konvensional dan
belum menggunakan model maupun media pembelajaran.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah model project based
learning efektif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V
SDN 4 Kuwaron. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk
mengetahui apakah model project based learning efektif terhadap motivasi dan
hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Kuwaron.
Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi pada
penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas V SDN 4 Kuwaron. Data diperoleh
melalui angket, wawancara, dokumentasi, tes, dan tatap muka.
Hasil analisis akhir menunjukan adanya keefektifan model project based
learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4
Kuwaron. Hal itu dibukikan dengan sebanyak 39,598 dan sebanyak
2,046 maka > sehingga ditolak dan diterima. Pengujian
tersebut diambil melalui nilai pretest-posttest. Simpulan dari penelitian ini adalah
adanya keefektifan model project based learning terhadap motivasi dan hasil
belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Kuwaron.
Saran yang dapat disampaikan adalah dengan adanya model project based
learning dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi guru dalam upaya
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
dan menjadi salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:04 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3047 |