IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SEMARANG

Alfianti, Annisa (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Annisa Alfianti 18210036.pdf] Text
Annisa Alfianti 18210036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Mata
Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan
Karakter Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Semarang” dilatarbelakangi oleh
permasalahan kurangnya pemahaman nilai-nilai Pancasila, adanya perilaku yang
melanggar tata tertib sekolah dari beberapa siswa, kurangnya kerja sama antar
siswa dalam kegiatan dilingkungan sekolah, diperlukan inovasi penerapan nilai-
nilai Pancasila dalam pembentukan karakter siswa. Rumusan masalah bagaimana
implementasi nilai-nilai Pancasila melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter siswa kelas VII di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila melalui mata pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Semarang. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan
cara triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian
ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila
dalam pembentukan karakter siswa kelas VII di SMP 4 Semarang pada umumnya
sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa yang
dilakukan dalam kegiatan sehari-hari disekolah antara lain, kepatuhan dalam
menjalankan agamanya, saling menyayangi sesama teman, bisa menerima
perbedaan-perbedaan yang ada baik perbedaan agama ras maupun pendapat,
bersifat demokratis, dan selalu bersemangat dalam belajar untuk mencapai
prestasi yang lebih baik. PPKn merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai
sarana dalam membentuk watak dan kepribadian siswa dengan cara menanamkan
nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Guru PPKn juga memberikan
inovasi-inovasi yang bertujuan untuk menanamkan karakter pada siswa misalnya
pembacaan teks Pancasila secara serentak sebelum jam istirahat, menyanyikan
lagu Indonesia Raya sebelum proses pembelajaran berlangsung dan memberi
sampul merah putih pada buku tugas mata pelajaran PPKn. Simpulan dalam
penelitian ini adalah Implementasi nilai religius, nilai peduli sosial, nilai toleransi,
nilai demokratis dan nilai kerja keras yang dilakukan siswa di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 4 Semarang sudah berjalan dengan baik. Saran dalam penelitian
ini hendaknya guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
lebih meningkatkan lagi dalam memberi contoh perilaku yang berkarakter,
memberi motivasi belajar dan selalu berinovasi dalam pembentukan karakter
dengan cara yang mudah dipahami dan dilaksanakan oleh siswa. Untuk siswa
diharapkan dapat memahami dan melaksanakan penerapan nilai karakter yang
diajarkan secara konsisten.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pancasila, PPKn, Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:50
Last Modified: 21 Mar 2024 02:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item
View Item