SETYANINGRUM, ANITA WAHYU (2022) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK DIDIK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE PADA KELOMPOK B TK ANNUR HIDAYAH CANDISARI MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANITA WAHYU SETYANINGRUM 19156093.pdf
Download (1MB)
Abstract
ANITA WAHYU SETYANINGRUM, NPM. 19156093. “Upaya Meningkatkan
Kecerdasan Intrapersonal Anak Didik Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Pada
Kelompok B TK Annur Hidayah Candisari Mranggen Demak Tahun Ajaran
2021/2022”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tingkat kecerdasan
intrapersonal anak kelompok B TK Annur Hidayah masih rendah. Hal itu
dikarenakan pembelajaran masih menggunakan lembar kerja siswa, anak masih
bersikap kurang percaya diri, kurang bertanggungjawab dalam melakukan suatu
permainan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal
anak didik melalui kegiatan bermain puzzle pada kelompok B TK Annur Hidayah
Candisari Mranggen Demak tahun ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
Tindakan kelas (PTK), yang dilakukan secara kolaboratif antar peneliti melalui
dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Annur
Hidayah Candisari Mranggen Demak yang berjumlah 14 anak yang berusia 5-6
tahun. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif
dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal anak didik
kelompok B TK Annur Hidayah Candisari Mranggen Demak dapat ditingkatkan
melalui kegiatan bermain puzzle, hal ini terlihat dari hasil observasi dimana pada
setiap pertemuan mulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus II. Pada penelitian pra
siklus, kecerdasan intrapersonal anak yang berkembang tinggi sebanyak 16,33%
pada siklus 1 meningkat menjadi 32,66% dan pada siklus II meningkat lagi
menjadi 82,83%, sehingga telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu rata-rata
tinggi adalah 82,83%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:38 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3022 |