ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI TK DAERAH BINAAN (DABIN) 2 KECAMATAN PEDURUNGAN SEMARANG

SUHARYANI, TITIK (2022) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI TK DAERAH BINAAN (DABIN) 2 KECAMATAN PEDURUNGAN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TITIK SUHARYANI 15150055.pdf] Text
TITIK SUHARYANI 15150055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Titik Suharyani, NPM 15150055 “ Analisis Kompetensi Pedagogik Guru
Dalam Perencanaan Pembelajaran di Daerah Binaan ( Dabin ) 2 Kecamatan
Pedurungan”. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2022
Kompetensi pedagogik memiliki peran yang sangat penting dalam proses
pembelajaran, karena berhubungan langsung dengan proses pembelajaran, yaitu
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Guru tidak hanya bertugas sebagai
perancang pembelajaran, tetapi juga harus mampu melaksanakan perencanaan
yang dibuatnya. Pelaksanaan pembelajaran akan berhasil tergantung dari
perencanaan yang disusun oleh guru. Perencanaan pembelajaran merupakan
panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran
dapat terlaksana secara efektif dan terarah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru
dalam merencanakan pembelajaran di Daerah Binaan ( Dabin ) 2 Kecamatan
Pedurungan (2) Mengetahui kemampuan guru dalam menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), ( 3) Mengetahui kemampuan guru
dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subjek
penelitian terdiri dari 6 orang guru kelas,. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran di Daerah Binaan ( Dabin ) 2 Kecamatan Pedurungan
dapat dikatakan sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan
pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru,
meskipun membuatnya tidak setiap kali akan mengajar tetapi sekalian untuk satu
semester. Komponen-komponen yang ada didalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) sebagian besar sudah sesuai dengan indikatornya, tetapi
sebagian masih kurang dikembangkan. Dalam proses pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah berpedoman pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang telah , meskipun dalam pelaksanaanya terkadang tidak sesuai dengan
apa yang ada di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada dasarnya
kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
di Dabin 2 Kecamatan Pedurungan dapat dikatakan sudah baik, meskipun masih
ada beberapa kekurangannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat hendaknya disesuaikan
dengan kebutuhan siswa dan kondisi yang ada di sekolah. Dalam pelaksanaan
pembelajaran lebih bervariasi sehingga tidak membuat jenuh bagi muridnya.
Seorang Guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif,
dan menyenangkan.
Keberhasilan proses pembelajaran tergantung dari
kompetensi yang dimiliki dan dikuasai oleh guru. Oleh karena itu, upaya
peningkatan kompetensi harus dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai
keberhasilan tujuan pendidikan yang optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:40
Last Modified: 21 Mar 2024 02:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item
View Item